Home » Penyakit dan Terapi » Jahe Untuk Meringankan Migrain

Jahe Untuk Meringankan Migrain



rimpang jaheRasa sakit yang ditimbulkan oleh migrain sangat menyiksa. Sebuah divisi dari National Institutes of Health, Medline Plus, melaporkan bahwa kecemasan, kurang tidur, stres, makanan, atau bahkan fluktuasi hormon dapat menjadi pemicu migrain. Obat pengurang rasa sakit yang tersedia dipasaran sering diminum penderita migrain untuk mengurangi gejalanya tetapi banyak juga yang mencoba mengurangi rasa sakit migrain dengan menggunakan bahan herbal.

Menggunakan jahe untuk obat migrain sering dapat mengurangi sakit kepalanya. Meskipun jahe sudah terbukti dapat meringankan rasa sakit karena migrain tetapi sakit kepala sebelah ini kadang didasari oleh penyakit lain jadi berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan obat herbal adalah keputusan yang baik.

Sakit kepala sering terjadi pada banyak orang tetapi saat seseorang menderita migrain ia akan merasakan sakit kepala berulang, berdenyut, kadang disertai dengan gangguan penglihatan, pusing, lelah dan peningkatan kepekaan pada cahaya.

Di Indonesia dan kawasan asia lainnya jahe sering dijadikan bumbu masakan, minuman hangat wedang jahe, bajigur dan lain sebagainya. Kandugan Jahe yang bermanfaat untuk meredakan sakit kepala diantaranya minyak atsiri, lipid dan protease. Akar tanaman ini memiliki properti anti-inflamasi dan anti bakteri, serta kemampuan untuk meredakan beberapa jenis rasa sakit.

Baca juga :   6 Gejala Gangguan Mental Yang Tidak Boleh Diabaikan

Jahe dan Migrain

Ada sedikit bukti bahwa jahe bisa digunakan sebagai tanaman obat untuk migrain. Laporan yang dibuat pada tahun 1990 dari Institut Biologi di Odense University Denmark menunjukkan bahwa jahe memiliki potensi sebagai pengobatan. Setelah mengklasifikasikan migrain sebagai gangguan neurologis, studi Odense mengusulkan bahwa jahe mungkin mengurangi migrain atau meringankan gejala dengan menghambat prostaglandin. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

Dosis

Pada awal-awal serangan migrain seduh bubuk jahe, jika tersedia dalam bentuk bubuk murni maka 1/3 sendok teh sudah bisa mencukupi. Jika bubuk jahe sudah dicampur dengan gula maka seduh 1-2 sendok teh. Jahe segar juga bisa digunakan dengan cara dicuci bersih kemudian dipotong-potong dan direbus, kalau anda tahan dengan sensasi pedasnya menghisap jahe ukuran kecil secara langsung juga bisa.

Efek samping

Menurut ensiklopedia Gale, jahe dapat memicu mulas pada beberapa orang. Juga dapat mengganggu kerja obat pengencer darah dan obat lain. Gale memperingatkan bahwa wanita hamil tidak harus menggunakan jahe, karena jumlah besar dapat menyebabkan keguguran. Ada baiknya untuk berkonsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan herbal jahe untuk meredakan migrain.

Baca juga :   Main Komputer dan Olahraga Mengurangi Resiko Pikun



loading...

Artikel terkait Jahe Untuk Meringankan Migrain

obat alami migrain dengan jahe. cara mengolah jahe untuk obat sakit kepala. obat migran dgn jahe. cara membuat teh jahe. cara mengobati sakit kepala dengan mengguna kan jahe. Cara tradisional menghilangkan migran dngan jahe. jahe buat migran.