Inilah Makanan Berkolesterol Tinggi Yang Harus Dikurangi Konsumsinya



makanan berkolesterol tinggiKolesterol tinggi harus dihindari bagi semua orang, karena bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti darah tinggi, dan jantung. Makanan dengan kadar kolesterol tinggi, hanya akan menambah kolesterol dalam tubuh Anda, dan efeknya tidak baik bagi tubuh. Apalagi yang sudah terkena penyakit jantung, malah akan memperparah. Nah, ini harus dicegah secepatnya dengan membatasi asupan yang mengandung kolesterol berlebih.

Langkah pertama yang harus dihindari adalah makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh ini berasal dari daging dan produk susu yang mengandung lemak. Membatasi konsumsi daging yang cara pengolahannya digoreng, dan lebih memilih daging yang pengolahannya dibakar adalah cara pintar untuk menurunkan resiko terkena kolesterol berlebih.

Anda harus mengetahui beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi, agar Anda tidak salah dalam mengkonsumsinya. Berikut, akan diberi contoh, beberapa makanan yang berkolesterol tinggi yang harus Anda batasi pengkonsumsiannya.

Makanan berkolesterol tinggi

1. Telur rebus

Makanan ini sangat umum dijumpai untuk lauk pauk. Makanan ini memang kaya akan protein, tapi juga harus diperhatikan kolesterol didalamnya. 1 ons telur rebus mengandung 200 sampai 250 mg kolesterol. Namun, ini untuk kuning telurnya, sedangkan putih telurnya, mengandung nol kolesterol.

2. Daging Sapi

Daging sapi, memang sangat menggoda. Rasa enak dan gurih, tak pelak membuat orang ketagihan untuk memakannya. Namun, hal ini harus diwaspadai, karena daging sapi banyak mengandung kolesterol, apalagi jeroannya. Untuk sapi, kadar kolesterolnya berbeda-beda. Setiap organ memiliki kadar kolesterol berbeda. Misal saja, hati sapi yang 1 onsnya mengandung 300 mg kolesterol. Sedangkan untuk ginjal, organ ini mempunyai 375 mg kolesterol tiap onsnya. Untuk organ lain seperti otak sapi mengandung 200 mg tiap 1 onsnya.

3. Daging Kambing

Daging kambing, sangat cocok dibuat sate atau makanan berkuah lain seperti gulai. Namun, harus berhati-hati dengan kolesterolnya ya. Setiap 3.5 ons daging kambing, mengandung 70 mg kolesterol.

4. Seafood

Seafood, siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Makanan laut yang sangat digemari orang kebanyakan karena dagingya yang enak, adalah makanan yang umum ditemui dimana saja. Banyak jenis seafood yang digemari, misal udang, cumi, kepiting dan lain sebagainya. Tapi, perlu diingat juga, harus dilihat kandungan kolesterolnya. Jenis seafood yang bayak mengandung kolsterol adlah cumi, makanan ini mengandung 200 mg kolesterol untuk 1 onsnya.

Sebenarnya, makanan diatas juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yang perlu di garis bawahi hanya pengkonsumsiannya. Idealnya adalah mengkonsumsinya tidak lebih dari 300 mg kolesterol per harinya.

 




Inilah Makanan Berkolesterol Tinggi Yang Harus Dikurangi Konsumsinya | mysite | 4.5