Home » Tips Sehat » High Heels Dapat Merugikan Kesehatan

High Heels Dapat Merugikan Kesehatan



high heelsHigh heels adalah sebutan sepatu yang mempunyai hak tinggi dan lancip. High heels sudah menjadi trend di kalalangan perempuan. Sepatu berhak tinggi ini akan membuat kaki menjadi jenjang, betis padat, pantat semakin terangkat dan badan menjadi lebih tegak.  Makanya, banyak perempuan yang percaya diri untuk memakainya agar telihat cantik, anggun, dan sexy.

Namun, perlu diketahui bahwa pemakaian high heels akan berakibat buruk pasa kesehatan tubuh. Resiko yang ditimbulkanya semakin besar bila sandaran pijakan semakin kecil dan terlalu lancip kaena otot akan bekerja secara maksimal untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Berikut adalah masalah kesehatan yang ditimbulkan dari penngunaan high heels:

1. Osteoarhritis. Munculnya osteoarthritis ditandai dengan nyeri dan kaku pada persendian tulang. Biasanya muncul pada persendian lutut dan panggul. Perlu diwaspadai untuk penggunaan high heels dengan hak diatas 5 cm karena akan mengakibatkan radang tulang panggul, paha, lutut bahkan sampai ke tulang belakang.

2. Varises kaki. Saat memakai high heels, kaki akan dalam keadaan jinjit. Berjinjit yang terlalu lama akan membuat otot tumit belakang dan otot betis menjadi tegang sehingga pembuluh darah menjadi tertekan. Inilah yang dapat menimbulkan varises pada kaki.

Baca juga :   Tips Mengecilkan Perut Buncit

3. Gangguan Rongga panggul. Terjadi tekanan pada ujung kaki saat menggunakan high heels yang menyebabkan ukuran rongga panggul menjadi tidak normal dan ukuran pantat bertambah besar. Pada ibu hamil akan mengakibatkan susah melahirkan. Dan, yang paling buruk dapat memicu kemandulan.

4. Tumor Jinak. Biasanya high heels memiliki hak yang tinggi dan bagian depan sepatu sempit. Hal ini akan membuat jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat membesar yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari. Apabila dibiarkan begitu saja akan menyebabkan tumor.

5. Sendi Jempol Membesar. Penggunaan high heels akan memuat telapak kaki kurang nyaman yang menyebabkan pertumbuhan tulang kaki menjadi tidak normal. Biasanya tulang sendi di pangkal jempol akan membesar yang memaksa pertumbuhan jempol untuk miring ke arah jari-jari yang lain. Tentunya, ini akan membuat tampilan jari-jari kaki menjadi buruk.

6. Pengbengkokan jari. Ruang sempit pada ujung high heels akan menyebabkan jari-jari kaki menekuk ke sendi tengah. Apabila pemakaian berlangsung lama akan membuat otot-otot di jari kedua, ketiga, dan keempat dapat menekuk terus. Dan bahayanya lagi, jari akan  menekuk trus meskipun tidak menggunakan high heels.

Baca juga :   Mengapa Tidur Malam itu Penting

7. Metatarsalgia. Metetasalgia adalah nyeri pada telapak kaki hingga mata kaki yang disebabkan pemakaian high heels.

8. Achilles tendon.  Ketika memakai high heels, posisi bagian depan kaki akan bergerak ke bawah sesuai arah hak yang menyebabkan urat keting akan menegang. Semakin tinggi hak sepatunya maka urat keting akan bertambah pendek. Hal ini akan menimbulkan sakit pada tumit.

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan high heels. Gantilah sepatu Anda dengan sepatu yang lebih nyaman.




loading...

Artikel terkait High Heels Dapat Merugikan Kesehatan