Home » Penyakit dan Terapi » Tips Sehat » Hal Kecil Yang Memperbaiki Kolesterol

Hal Kecil Yang Memperbaiki Kolesterol



cara memperbaiki kolesterolSeptember adalah bulan edukasi kolesterol dan ini saat yang tepat untuk mengevaluasi apa yang telah anda lakukan terhadap diri anda yang memperbaiki kadar kolesterol atau memperburuk kadar kolesterol dalam tubuh anda. Kebiasaan-kebiasaan baik yang telah dilakukan dipertahankan dan kebuasaan buruk ditinggalkan.Memperbaiki kolesterol berarti menurunkan kadar kolesterol total dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

Berapa kadar kolesterol yang normal:
LDL yang baik kadarnya kurang dari 100 mg/dl
HDL atau kolesterol baik sebaiknya lebih dari 60 mg/dl
Trigliserid dibawah 150 mg/dl
Kolesterol total normal dibawah 200 mg/dl

Hal kecil bisa membawa perubahan besar

Hal kecil bisa membawa perubahan besar
Banyak dari kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil apabila dilakukan terus menerus bisa membawa dampak yang baik bagi kolesterol. Misalnya menurunkan berat badan, meskipun lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan . Menurunkan beberapa kilogram berat badan dapat memperbaiki kolesterol dan menurunkan resiko penyakit akibat kolesterol. Tak perlu menurunkan berat badan yang ekstrim, satu kilogram perbulan bisa menjadi langkah kecil yang bagus.

Langkah kedua yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan meningkatkan aktifitas fisik. Meluangkan waktu berolahraga hal yang baik tetapi banyak orang yang sulit meluangkan waktu meski hanya beberapa puluh menit.

Baca juga :   Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat

Sekali lagi, langkah kecil dapat membawa perubahan besar. Meningkatkan aktifitas fisik misalnya memarkir kendaraan lebih jauh di tempat kerja atau pusat perbelanjaan membuat anda lebih jauh berjalan kaki.

Berhenti merokok
Tidak hanya memperbaiki kolesterol tetapi anda juga akan mendapat lebih banyak manfaat daripada itu. Anda akan merasakan banyak perubahan disisi kesehatan hanya setelah satu minggu berhenti merokok. Sesuatu yang layak untuk dilakukan.

Makanan yang harus dihindari saat ingin menurunkan kolesterol adalah lemak jenus dan lemak trans. Lemak jenuh banyak terdapat pada daging serta susu fullcream dan produk olahannya. Jika anda makan daging beberapa kali seminggu cobalah untuk menerapkan senin dan selasa tanpa daging. Meskipun anda tidak makan daging setiap hari tetapi mengingatkan diri sendiri untuk tidak makan pada hari itu dapat mengurangi konsumsi daging dengan baik.

Untuk susu jika anda suka susu dan produk olahanya, tidak harus menguranginya jika belum diperlukan. Cukup pilih susu rendah lemak atau susu tanpa lemak.

Baca juga :   Efek Samping Steroid Bagi Tubuh

Lemak trans banyak terdapat pada makanan olahan seperti kue. Untuk mengetahui secara pasti kandungan lemak trans yang ada pada makanan, baca label nutrisi yang ada pada kemasannya.

Sementara mengurangi lemak jenuh dan lemak trans, kita bisa lebih banyak mengkonsumsi 2 nutrisi yang baik untuk kolesterol, serat larut dan asam lemak omega 3. Saat pulang dari kantor sempatkan untuk membeli buah dan taruh di meja agar setiap anggota keluarga melihatnya. Kebiasaan mengkonsumsi buah bisa dimulai hanya dengan menaruh beberapa buah di meja makan atau mengolahnya menjadi sup dan jus.

Sedangkan makanan yang mengandung omega 3 misalnya udang, ikan lele, salmon, tuna dan bandeng. Kesemuanya bisa diolah dengan resep-resep andalan anda. Bisa juga dengan mencoba resep baru agar lebih menarik dan menyenangkan.




loading...

Artikel terkait Hal Kecil Yang Memperbaiki Kolesterol