Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Seseorang Terkena Kanker Usus Besar



kanker usus besarKanker usus besar adalah salah satu kanker yang Anda patut waspadai. Pertama-tama Anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan seseorang terkena kanker usus besar. Dan berikut akan dijelaskan beberapa penyebab seseorang bisa terkena kanker usus besar.

1. Alkohol

Alasan pertama seseorang bisa terkena kanker usus besar adalah alkohol. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi alkohol berlebih dapat mengakibatkan seseorang bisa terkena kanker ini.

2. Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan dan diterbitkan dalam sebuah jurnal Gastroenterology menunjukkan bahwa seseorang yang menderita diabetes mempunyai resiko terkena kanker usus besar. Penderita diabetes mempunyai peluang 40 % terkena kanker usus besar.

3. Makan Makanan Berkoleseterol Dan Tinggi Lemak

Yang ketiga adalah makan makanan tinggi lemak dan berkolesterol. Makanan berkolesterol yang terutama dari hewan, bisa menyebabkan kanker ini. Seseorang yang  makan rendah serat juga bisa terkena penyakit ini. Karena makanan yang rendah serat, bisa menyebabkan sembelit dan menyebabkan kanker usus besar.

4. Riwayat Medis Keluarga

Baca juga :   Cara Mencegah Flu

Banyak kasus, yang mengatakan bahwa seseorang yang mengalami kanker usus besar, kebanyakan tidak terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit. Namun, dalam beberapa kasus, kanker usus besar bisa terjadi dalam riwayat keluarga.

5. Jenis kelamin

Sebuah sugesti yang mengatakan bahwa seorang pria lebih berisiko terkena kanker usus besar daripada wanita mungkin benar. Namun, Anda juga mungkin pernah mendengar sebaliknya juga. Kedua pernyataan tersebut sebenarnya, bisa benar namun tergantung konteks.

6. Genetika

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa 25 % kasus kanker usus besar, memiliki semacam link genetik. Contoh penyebab kanker usus besar dari penyebab genetik yang paling umum adalah mutasi menuju FAP (familial poliposis adenomatosa) dan HNPCC (non-poliposis herediter kanker kolorektal).

7. Penyakit inflamasi usus atau radang usus (IBD)

Seseorang yang mengalami radang usus biasanya mengalami peningkatan risiko terkena kanker usus besar. Secara umum, jika seseorang semakin lama menderita penyakit inflamasi usus, semakin besar kesempatan orang itu untuk terkena kanker kolorektal.

Baca juga :   Beberapa Macam Obat Flu

8. Kurangnya Latihan atau Olahraga

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa olahraga adalah sebuah kegiatan yang baik untuk kesehatan. Seseorang yang kurang berolahraga dan mengkonsumsi makanan banyak lemak berkolesterol bisa terserang penyakit kanker usus besar ini. Gaya hidup yang baik dan sehat, akan memberikan kontribusi yang maksimal bagi kesehatan Anda.

9. Kegemukan

Seseorang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas banyak penyakit yang bisa menghinggapinya. Obesitas merupakan salah satu penyebab seseorang bisa terkena kanker usus besar.

10. Polip

Banyak kasus yang berkembang bahwa polip adenomatosa di usus besar, umumnya disebut hanya sebagai polip usus besar. Sebuah riwayat medis pribadi atau keluarga yang memiliki polip mempunyai risiko tinggi untuk terkena kanker usus besar.

11. Merokok

Merokok bisa membuat seseorang terkena kanker usus besar karena dua alasan utama. Pertama, terhirup asap tembakau angkutan karsinogen ke usus besar. Kedua, penggunaan tembakau dapat meningkatkan ukuran polip.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *