Home » Tips Sehat » Gunakan Terapi Musik Untuk Mendukung Kesehatan Fisik Dan Jiwa

Gunakan Terapi Musik Untuk Mendukung Kesehatan Fisik Dan Jiwa



terapi musikTerapi musik merupakan salah satu metode pengobatan, yang menggunakan musik sebagai media yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan. Beberapa pendekatan yang akan digunakan dengan menggunakan terapi musik adalah menciptakan musik, mendengarkan musik dan ngobrol tentang musik. Meski biasanya terapi ini hanya digunakan untuk menyembuhkan kesehatan mental atau emosional, ternyata terapi musik juga bisa meningkatkan kesehatan fisik.

Bagaimana terapi musik ini bisa digunakan?

Terapi musik bertujuan untuk memperbaiki mental atau emosional pasien. Satu sesi terapi musik, meliputi mendengarkan atau membuat musik (menciptakan lagu). Terapi musik ini sendiri, dapat membuat orang menghilangkan stres, rasa cemas, mengurangi rasa sakit, atau memperbaiki suasana hati serta dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang yang sedang menderita suatu penyakit.

Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang yang menginginkan khasiat dari terapi musik, tidak harus bisa memiliki kemampuan bermusik. Berikut ini akan dibahas lebih lengkap tentang peran terapi musik.

Peran Terapi Musik Bagi Kesehatan

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat penggunaan terapi musik bagi kesehatan:

Baca juga :   Yang Jangan Dilakukan Supaya Jerawat Tidak Tumbuh

1. Terapi musik untuk menyembuhkan depresi

Seseorang yang menderita depresi akibat masalah hidupnya, terapi ini sangat cocok sebagai solusi. Pada tahun 2008, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dari 5 data hasil penelitian yang telah dilakukan, 4 diantaranya menemukan bahwa pasien yang menggunakan terapi musik ini, cenderung mengalami penurunan tingkat depresi, dibandingkan pasien yang tidak menggunakan terapi ini. Menurut penelitian ini juga, dikatakan bahwa pasien yang menggunakan teori berbasis tekhnik terapi, seperti bernyanyi dan mendengar musik lebih efektif untuk menurunkan depresi.

2. Mengurangi stres pada ibu hamil

Saat hamil, stres sering mendera. Hal ini sangat tidak baik untuk pertumbuhan janin. Terapi musik ini, sangat baik untuk membantu wanita hamil mengurangi stres yang melanda. Terapi musik bagi ibu hamil, dapat dilakukan selama 2 kali sehari. Gunakan musik yang berirama soft, agar dapat menenangkan pikiran.

3. Menghilangkan stres pada pasien penyakit jantung

Sebuah penelitian menyatakan bahwa, mendengarakan musik sangat baik untuk pasien penyakit jantung koroner, agar terhindar dari stres. Terapi musik memiliki efek yang baik untuk mengontrol tekanan darah, denyut jantung, dan rasa nyeri pada pasien penyakit jantung koroner.

Baca juga :   Bagaimana Mencegah Mengurangi dan Menyembuhkan Jerawat

4. Membantu meningkatkan komunikasi pada anak Autis

Terapi ini sangat baik untuk anak autis, karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis.

5. Terapi Musik dapat meringankan tingkat kecemasan pada pasien Kanker

Terapi musik dapat membuat orang yang mengidap kanker, terlepas dari kecemasan saat dilakukan pengobatan kanker. Misal saja, dapat mengilangkan kecemasan sewaktu pasien melakukan terapi radiasi sinar atau dapat mengurangi rasa mual dan muntah karena melakukan kemoterapi dengan dosis yang tinggi.

Musik memang teman yang sangat baik jika kita mengalami penurunan emosional, entah karena penyakit atau yang lain.




loading...

Artikel terkait Gunakan Terapi Musik Untuk Mendukung Kesehatan Fisik Dan Jiwa

Mendengarkan musik.