Gigi Sehat Dengan Makan Buah Apel



apelApel merupakan buah dengan banyak fungsi kesehatan yang baik bagi tubuh. Apel juga bisa dikatakan sebagai â??dokterâ? karena juga bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Salah satu keahlian apel adalah sebagai â??dokter gigiâ? pribadi Anda. Mungkin sekarang anda bertanya â?? tanya, mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut akan diulas selengkapnya dalam artikel ini.

Buah apel adalah makanan yang kaya nutrisi. Rasa manis yang tercipta dari buah apel, membuat kebanyakan orang suka untuk mengkonsumsinya. Banyak juga varietas yang dapat dipilih, tergantung kesukaan Anda. Kandungan berbagai macam vitamin semisal Vitamin A, B, C dan juga berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, zinc dan potasium, membuat buah ini semakin istimewa.

Selain manfaat dasar kesehatan yang terkandung, buah apel juga sangat baik untuk perawatan gigi. Tekstur yang keras dari apel dan tidak lengket akan membuat gigi Anda terjaga dan tetap bersih. Buah ini renyah seperti wortel yang dapat bertindak layaknya sikat gigi mini, sewaktu dikunyah. Daging renyah apel dapat membantu menggosok noda dan yang membandel pada gigi dan gusi. Efek bersih akan terlihat walau memakannya hanya sedikit.

Baca juga :   Waspadai Pestisida Pada Buah Impor

Buah yang biasanya ditemukan di supermarket atau pasar tradisional ini, juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi dalam mulut. Hal ini dikarenakan apel dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Sehingga, air liur yang dihasilkan dapat menjaga kesehatan di dalam mulut.

Jika buah apel dijadikan makanan ringan atau camilan tiap hari, buah ini akan membuat orang yang memakannya tidak gampang lapar. Hal ini disebabkan oleh, kandungan serat dalam buah apel perlu waktu yang cukup lama untuk dicerna. Sehingga jika mengkonsumsi camilan ini, kita akan merasa kenyang dan malas untuk mengkonsumsi camilan lain. Hal ini akan berdampak pada kesehatan gigi, karena akan mengurangi intensitas makanan yang banyak mengandung zat yang tidak baik bagi gigi, misal gula masuk ke gigi. Manfaat lainnya jika menggunakan camilan apel adalah sebagai buah diet yang baik, karena telah disebutkan tadi buah ini kaya serat yang membuat Anda tidak mudah lapar.

Banyak orang telah bertanya-tanya tentang gula dalam apel, apakah tidak merusak gigi atau tidak. Menurut pakar kesehatn gigi, gula dalam apel itu alami. Sehingga, tidak akan memicu kerusakan pada gigi. Jadi, apel aman untuk gigi.

Baca juga :   Kelebihan Garam Berbahaya Bagi Kesehatan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Makan Buah Apel

Setelah makan apel, Anda jangan langsung menyikat gigi. Tunggu beberapa menit, sekitar 30 menit untuk menyikatnya. Hal ini dikarenakan, buah apel menimbulkan asam di rongga mulut. Sehingga, tidak baik jika langsung disikat dengan pasta gigi, karena akan menimbulkan reaksi yang kurang baik pada gigi.

 




loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *