Home » Penyakit dan Terapi » Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Osteoarthitis

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Osteoarthitis



OsteoarthritisOsteoarthritis merupakan suatu penyakit degeneratif sendi. Kata ‘osteo’ berarti tulang dan arthritis berarti peradangan pada sendi. Namun, dari kebanyakan kasus, Osteoarthitis tidak disebabkan oleh peradangan pada sendi tetapi karena terjadi kerusakan tulang rawan pada sendi.

Tanda dan gejala Osteoarthitis

Aus yang terjadi pada sendi adalah salah satu penyebab penyakit ini. selain itu rasa nyeri, dan rasa kaku pada daerah yang terkena juga bisa diindakisakan orang terkena penyakit ini. Bantalan pada sendi adalah daerah yang paling rentan terkena Osteoarthitis, karena sering digunakan untuk berkativitas. Nah, contoh daerah tersebut adalah pada bagian tangan, tulang belakang, jempol kaki, pinggul dan bahu. Tingkat keparahan dan gejala juga tidak sama antar penderita penyakit ini.

Penyebab Dari Osteoarthritis

Penyebab paling umum bisa terkena penyakit Osteoarthitis ini adalah penuaan. Selain itu, orang yang terlalu sering menggunakan sendi untuk bekerja terlalu berat, juga bisa menjadi penyebab terkena penyakit ini.

Diagnosis Osteoarthitis

Setelah mengetahui gejala yang terjadi. Diagnosis penyakit ini sangat penting. Segera pergi ke dokter untuk mengeceknya, karena gejala penyakit ini mungkin hampir sama dengan penyakit lain, seperti asam urat, diabetes, tulang bawaan atau kelainan sendi, gangguan hormon dan obesitas.

Pengobatan Pencegahan Osteoarthitis

Kita tahu bahwa tujuan pengobatan adalah penyembuhan dan pencegahan kerusakan yang lebih parah. Untuk penyakit ini, pengobatan yang dilakukan adalah merawat sendi, yang menjadi tempat Osteoarthitis berkembang. Secara spesifik, perawatan yang dilakukan adalah dengan pengurangan nyeri dari peradangan, serta memlihara fungsi sendi.

Pengobatan Rumah, atau Pengobatan Alternatif Penyembuhan Osteoarthitis

Mengkonsumsi jenis suplemen makanan Glucosamine dan chondroitin dapat membantu meringankan kekakuan sendi dan nyeri dan juga bisa untuk melindungi sendi yang telah terkena Osteoarthitis. Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat. Selain itu, konsumsi kapsul minyak ikan, omega 3 juga sangat baik untuk mengurangi peradangan. Tidak ketinggalan untuk konsumsi kalsium setiap hari.

Berat Badan dan Osteoarthitis

Berat badan juga harus dikurangi jika seseorang menderita Osteoarthitis atau belum terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan, jika seseorang mempunyai berat badan berlebih itu tidak dikurangi, maka sendi kita akan mengalami tekanan tambahan dan mengakibatkan stres pada sendi. Bagian tubuh yang sering mengalami tekanan berat badan ini adalah lutut.

Pengobatan lain untuk Osteoarthitis

1. OAINS – obat anti-inflamasi, seperti Aleve sangat efektif untuk mengatasi penyakit ini. Namun, ada efek samping gastrointestinal dari pengobatan tersebut. Segera konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi.

2. Perawatan Panas, atau membasahi tubuh dengan air hangat, tidur teratur pada malam hari, itu dapat membantu mengobati sendi yang terkena. Beberapa orang juga menyarankan untuk melakukan kompres air dingin selama 20 menit sebelum tidur, karena dapat membantu meringankan sakit.

3. Suntikan steroid yang diberi oleh dokter. Steroid ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang parah dan pembengkakan tetapi biasanya tidak sekali, perlu dilakukan beebrapa kali.

4. Pada kasus yang sudah parah bedah penggantian sendi atau fusi dari sendi mungkin akan dilakukan.




loading...

Artikel terkait Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Osteoarthitis

apa yg dimaksud osteoarthitis.