Home » Info Kesehatan » Gejala Penyakit Alzheimer

Gejala Penyakit Alzheimer



Alzheimer adalah penyebab yang paling umum dari kasus demensia atau hilang intelektual, penderita mengalami penurunan daya ingat yang sangat drastis sehingga berpengaruh pada aktivitas harian, bahkan yang lebih parah penderita tidak bisa untuk mengurusi dirinya sendiri. Penyakit ini disebut juga dengan penyakit neurogeneratif. Penderitanya kebanyakan dari mereka yang berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada mereka yang belum lanjut usia.

Risiko terkena penyakit alzheimer akan meningkat seiring bertambahnya umur seseorang, jadi alzheimer ini bukanlah bagian dalam proses penuaan yang terjadi secara normal. Orang yang mempunyai usia antara 65 sampai 74 tahun 5%nya mengidap alzheimer, sedangkan mereka yang mempunyai usia di atas 85 tahun 50%nya mengidap penyakit alzheimer.

Penyakit ini memang belum ada obatnya, namun dengan melakukan perawatan diharapkan mampu untuk memperbaiki kualitas hidup pasien alzheimer. Peran dari orang terdekat seperti keluarga dan teman sangat dibutuhkan untuk mendukung atau mensuport penderita alzheimer.

GEJALA

Gejala awal dari penyakit alzheimer yaitu kehilangan sedikit ingatan serta merasa kebingungan, namun nantinya akan berimbas pada pelemahan mental serta menghancurkan kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, berimajinasi, dan belajar.

Baca juga :   Manfaat Suplemen Ginkgo Biloba untuk Otak dan Organ Reproduksi

1. Hilangnya ingatan

Setiap individu mempunyai penyimpangan dalam hal ingatan. Ada suatu kondisi normal dimana lupa menaruh kunci motor atau mobil dan lupa dengan nama seseorang yang jarang ketemu. Namun yang jadi masalah adalah ingatan yang terkait dengan alzheimer dapat berlangsung lama. Mungkin orang yang mengidap alzheimer mengalami:

  • Mengulang suatu aktivitas yang sudah dikerjakan
  • Sering mengalami lupa dengan janji dan ucapan yang dilontarkan
  • Dalam menaruh sesuatu sering mengalami kesalahan, seperti menaruh sesuatu tidak pada tempatnya.
  • Dan akhirnya mengalami lupa ingatan dengan nama anggota keluarga, serta lupa dengan benda yang sering dipakai dalam kesehariannya.

2. Bermasalah pada saat berpikir secara abstrak

Orang yang mengidap alzheimer mempunyai masalah dalam berpikir, terlebih yang berhubungan dengan bentuk angka.

3. Kesulitan untuk menemukan kata yang tepat

Sangat sulit untuk penderita azheimer untuk menemukkan kata yang tepat dalam menyampaikan pendapat atau pemikiran mereka, seperti terlibat dalam pembicaraan. Dan nantinya akan berpengaruh pada kemampuan untuk menulis dan membaca mereka.

4. Disorientasi

Penderita alzheimer juga mengalami kesulitan dalam mengingat waktu, hari dan tanggal, dan juga mereka merasakan telah kehilangan lingkungan yang telah familiar untuk mereka.

Baca juga :   Produk Kosmetik yang Dapat Menyebabkan Penyakit Kulit

5. Hilangnya kemampuan untuk menilai

Penderita alzheimer merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari dan akhirnya penderita alzheimer merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan hal itu. Karakteristik dari alzheimer adalah sangat sulit dalam melakukan sesuatu yang memerlukan pengambilan keputusan, perencanaan dan penilaian.

6. Sulit dalam melakukan tugas biasa

Penderita alzheimer mengalami kesulitan melakukan tugas rutin, seperti menyelesaikan proses yang memerlukan beberapa langkah yang berkelanjutan, contohnya aktivitas memasak. Dan akhirnya, penderita alzheimer akan lupa dalam melakukan sesuatu, bahkan untuk hal-hal yang paling mendasar.

7. Perubahan kepribadian

Penderita alzheimer memperlihatkan:

  • Perubahan dari suasana hati
  • Kepercayaan pada orang lain akan hilang
  • Mengalami peningkatan sikap keras kepala
  • Gelisah
  • Depresi
  • Agresif



loading...

Artikel terkait Gejala Penyakit Alzheimer