Home » Info Kesehatan » Fungsi Utama Vitamin

Fungsi Utama Vitamin



Vitamin merupakan salah satu senyawa organik khusus yang terdapat dalam diet Anda atau dihasilkan oleh tubuh Anda. fungsi yang paling utama dari vitamin adalah untuk membantu proses pertumbuhan, pengembangan serta pemeliharaan. Ada jenis vitamin yang dapat bertahan lama di dalam tubuh, ada juga yang sifatnya sementara. Beberapa jenis vitamin juga mempunyai efek khusus dan terkandung dalam beberapa sumber makanan yang berbeda.

Menurut Oregon State University, bahwa semua vitamin diduga milik suatu kelompok senyawa yang disebut amina. Zat ini sangat penting bagi kesehatan manusia, sehingga para ilmuwan menyebutnya sebagai amina atau vitamin. Para ilmuwan mencoba mendefinisikan vitamin sebagai zat organik yang dapat memicu tanda-tanda kekurangan dalam tubuh jika Anda tidak mengkonsumsinya. The US National Library of Medicine menyebutkan 13 daftar vitamin esensial yang baik untuk kesehatan, diantaranya vitamin A, C, D, E dan K, vitamin B niacin, riboflavin, thiamine, folat, asam pantotenat, biotin, B6 dan B12.

Jenis Vitamin

Menurut Nemours Foundation, vitamin yang baik adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak dan air. Pada saat Anda mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak, maka tubuh akan menyimpannya di dalam sel-sel lemak dan hati sampai Anda benar-benar memerlukannya. Pada saat Anda mengkonsumsi vitamin yang larut dalam air, tubuh Anda akan menyerapnya dari aliran darah Anda dan vitamin ini akan cepat dikeluarkan dari tubuh Anda. oleh sebab itu, Anda perlu mengisi vitamin ini lebih sering untuk menjaga kesehatan Anda. salah satunya adalah vitamin B dan vitamin C.

Vitamin A Dan B

The Nemours Foundation menjelaskan tentang fungsi dari vitamin A, yaitu untuk membantu penglihatan, pertumbuhan, dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dapat Anda peroleh dari sumber-sumber seperti sayuran, hati, buah jeruk, dan susu. Fungsi vitamin B adalah untuk memproduksi energi, oksigen dan sel darah merah. Sumber yang baik dari vitamin B dapat Anda peroleh dari sayuran hijau, biji-bijian, susu, telur, ikan dan daging.

Vitamin C Dan D

The Nemours Foundation, menjelaskan fungsi vitamin C untuk merawat gusi, otot, menyembuhkan luka dan ketahanan terhadap infeksi. Sumber yang baik dari vitamin C yaitu buah jeruk, stroberi, brokoli, melon, dan paprika merah manis. Fungsi dari vitamin D adalah menyerap kalsium, perkembangan tulang dan menguatkan gigi. Vitamin ini dapat Anda peroleh dari sumber-sumber seperti ikan, hati, susu fortifikasi, sereal, dan kuning telur. Tubuh Anda sendiri juga menghasilkan vitamin D internal.

Vitamin E Dan K

The Nemours Foundation, menjelaskan fungsi vitamin E adalah untuk membentuk sel darah merah, perlindungan terhadap paru-paru, dan pemeliharaan jaringan mata, kulit dan hati. Vitamin ini diperoleh dari biji-bijiam, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Fungsi utama dari vitamin K adalah untuk pembekuan darah. Sumber dari vitamin ini adalah susu, minyak kedelai, dan sayuran hijau. Tubuh seseorang juga menghasilkan vitamin K internal.




loading...

Artikel terkait Fungsi Utama Vitamin

fungsi utama vitamin. fungsi dari vitamin. fungsi vitamin. fungsi utama vitamin C. fungsi vitamin bagi tubuh. apa yang menjadi fungsi utama vitamin. vitamin fungsi utama.