Home » Penyakit dan Terapi » Flu Singapura Pengertian Pencegahan dan Pengobatan

Flu Singapura Pengertian Pencegahan dan Pengobatan



gambar flu singaporeGejala awal penyakit ini hampir sama dengan flu biasa. Penderita akan diserang demam sedang selama 2-3 hari. Penderita juga akan merasakan badannya pegal-pegal, pilek, dan nafsu makan berkurang. Kemudian timbul luka seperti bisul di daerah mulut, gusi, lidah, dan bisa juga menyebar ke daerah tubuh yang lain. Pada bayi bisa timbul ulkus atau bisul di pantat menyerupai ruam popok.lu SIngapura sejatinya adalah penyakit tangan, kaki, dan mulut (PKTM) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Hand, Foot, and Mouth. Penyakit ini sejatinya telah lama ada, namun saat itu terjadi ledakan penderita di SIngapura sampai ada yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Oleh karena itu, media masa menamai penyakit ini dengan sebutan flu Singapura.

Flu ini menyerang pada saat musim panas. Ada empat virus yang ditengarai sebagai penyebab flu Singapura yaitu Coxsackie A, Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Keempat virus tersebut termasuk dalam genus Enterovirus. Diantara keempat virus tersebut yang paling banyak menyerang adalah coxsackie A16, namu gejala yang ditimbulkan tergolong ringang. Sedangkan yang paling mematikan adalah Enterovirus.

Baca juga :   Cara Mengurangi Sakit Kepala Karena Migrain Tanpa Aspirin

Cara Penularan
Penyakit flu Singapura ini lebih sering menyerang anak-anak usia 2-5 tahun ketimbang dewasa. Hal ini disebabkan orang dewasa sudah kebal terhadap enterovirus. Penyerangan biasanya terjadi pada musim panas karena kuman lebih menyukai udara kering.

Cara penularan virus ini sangat mudah sehingga mungkin sekali terjadi wabah. Penularannya antara lain dari kontak langsung, air liur, tinja, dan sebagainya. untuk lebih berhati-hati sebaiknya hindari orang-orang yang dicurigai terserang penyakit berbahaya ini.

Cara Pencegahan
Sebaiknya jaga kebersihan setiap waktu. Selain mencegah terserang flu Singapura, mencuci tangan juga dapat mencegah masuknya berbagia penyakit. Cucilah tangan setiapkali akan masuk atau keluar ruangan, toilet, makan, dan sebelum tidur. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih. Jangan lupa gosok sela-sela jari yang mungkin menjadi tempat hidup berbagai kuman.
Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi. Lengkapi makanan Anda dengan buah, sayur, dan susu agar tidak mudah terserang penyakit tersebut. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin bila di sekitar banyak yang terserang flu.

Baca juga :   Waspadai Gejala Gangguan Hypothyroidism

Siram closed di toilet sebelum digunakan. Bisa jadi virus penyebab flu SIngapura masih menempel di closed dari orang yang menggunakannya sebelum Anda. Kalau bisa, pilihlah closed jongkok saat berada di kamar mandi umum.

Pengobatan
Flu Singapura yang disebabkan Coxsackie virus biasanya tergolong ringan. Pengobatan spesifik untuk flu singapore belum tersedia hingga sekarang sehingga dokter biasanya akan  memberikan obat peringan gejala seperti penurun panas dan salep kulit. Multi vitamin juga sering diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun belum tersedia obat spesifik tetapi penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah kurang lebih 10 hari.




loading...

Artikel terkait Flu Singapura Pengertian Pencegahan dan Pengobatan

nama salep untuk flu singapura.