Home » Tips Sehat » Fantastisnya Vitamin D

Fantastisnya Vitamin D



Fantastisnya Vitamin D

Fantastisnya Vitamin D

Vitamin D, sering dikenal sebagai “vitamin sinar matahari” yang berhubungan dengan kesehatan tulang, karena penting untuk penyerapan kalsium dalam usus, namun baru-baru ini
penelitian teranyar telah menunjukkan potensi manfaat kesehatan yang lebih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa fungsi dari vitamin D:

1. Berat Badan
Cukup vitamin D juga dapat membantu mempertahankan berat yang tepat dengan memperkuat massa otot dan kekuatan otot dan mencegah peningkatan lemak otot.

2. Kesehatan Pernapasan
Vitamin D juga dapat membantu mempertahankan fungsi paru-paru melalui aksi menghambat respon inflamasi paru sekaligus meningkatkan mekanisme pertahanan.Tindakan ini dapat menjelaskan kemampuan vitamin D ini untuk melindungi tubuh terhadap flu. Kekurangan vitamin D juga bisa meningkatkan tingkat asma pada anak.

3. Meningkatkan fungsi kekebalan
Vitamin D sangat penting untuk aktivasi sel T yang menghancurkan sel-sel asing. Vitamin D menginduksi ekspresi gen peptida antimikroba yang membantu untuk fungsi kekebalan tubuh.

4. Mengurangi Risiko Diabetes
Defisiensi vitamin D menghambat sintesis dan sekresi insulin sehingga memainkan peran dalam mengurangi perkembangan diabetes tipe 2.

5. Mengurangi Risiko Kanker
Suplementasi vitamin D dan kalsium telah dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kanker, termasuk usus besar, prostat payudara, dan kulit. Sebuah penelitian baru menunjukkan risiko penurunan 26% dari kanker payudara dengan suplementasi 400IU per hari.

6. Penurunan Tingkat Multiple Sclerosis
Vitamin D akan muncul untuk mengontrol gen yang terkait dengan pengembangan MS.Hal ini diyakini bahwa dengan jumlah vitamin D yang cukup melalui suplemen selama hamil dan anak usia dini, dapat membantu mencegah MS. MS juga lebih umum di negara-negara yang kurang terkena sinar matahari.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian terbaru dari 31.000 orang di atas usia 50 dimonitor selama lebih dari setahun dan menemukan bahwa mereka dengan tingkat terendah vitamin D memiliki resiko 170% lebih besar terkena serangan jantung. Para peneliti juga menemukan tingkat rendah konsumer vitamin D berhubungan dengan risiko 80 % lebih besar terkena kematian dan risiko 40 % lebih tinggi terkena penyakit arteri koroner. Risiko penyakit terendah ditemukan dengan tingkat darah dari 107 nanomoles per liter.

Fantastis bukan? Itulah kandungan dari vitamin D yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.




loading...

Artikel terkait Fantastisnya Vitamin D