Home » Penyakit dan Terapi » Efek Samping Penggunaan Lensa Kontak

Efek Samping Penggunaan Lensa Kontak



lensa kontakPenggunaan Lensa kontak sekarang sangat umum di masyarakat. Pemakaian lensa kontak yang salah akan menimbulkan efek samping. Beberapa masalah umum yang dapat terjadi dengan memakai lensa kontak antara lain:

1. Hipoksia

Hipoksia adalah gangguan pada mata yang dikarenakan kornea mata tidak cukup oksigen. Ketika lensa kontak berada di atas kornea, otomatis akan membatasi jumlah oksigen yang masuk ke mata. Gangguan hipoksia pada mata akan menyebabkan mata lelah, ketidaknyamanan dan mata kabur. Biasanya dikenal dengan nama corneal exhaustion syndrome atau sindrom kornea lelah.

Agar terhindar dari hipoksia, Anda dapat melakukan tips berikut:

â?¢ Saat tidur, lensa tidak dipakai.

â?¢ Saat tidak memerlukan pemakaian lensa kontak, atau sedang santai, lebih baik tidak memakainya.

â?¢ Saat lensa sudah rusak, segeralah untuk menggantinya.

2. Infeksi

Pemakaian lensa kontak, tanpa perawatan lensa yang tepat, dapat menyebabkan infeksi pada mata. Komplikasi saat memakai lensa kontak yang salah dapat menyebabkan infeksi, dan jika tambah parah akan menyebabkan kebutaan atau disebut ulserasi kornea, atau infeksi kornea, dimana ini paling ditakuti. Ulserasi kornea lebih sering terjadi jika menggunakan lensa lunak, kebanyakan dari mereka memakai lensa lunak dikarenakan lebih nyaman dan lebih awet. Jika Anda tidak mau terkena infeksi, maka Anda harus menghindari beberapa faktor yang menyebabkan infeksi berikut ini:

Baca juga :   Mengatasi Depresi dengan Perubahan Gaya Hidup

â?¢ Tidur dengan lensa kontak masih terpakai

â?¢ Tidak adanya oksigen yang masuk, serta lensa kontak yang kotor. Dianjurkan untuk selalu membersihkan lensa kontak Anda menggunakan cairan pembersih atau menggunakan air liur, jika pembersih tidak ada.

Sedangkan jika menggunakan lensa kontak yang kaku akan mengakibatkan lecet pada kornea. Gejala umum dari lecet kornea adalah sakit pada mata. Dan jika tidak diobati dengan tepat, maka infeksi pada mata kemungkinan dapat terjadi.

3. Mata Kering

Terakhir adalah mata kering. Banyak keluhan oleh pengguna lensa kontak yang sangat umum adalah mata merasa sangat kering. Diketahui bahwa lapisan air mata sangat penting bagi mata untuk menjaga mata agar tetap nyaman serta menghindari agar penglihatan tidak kabur. Jadi, sangat penting untuk menjaga mata agr tetap basah. Cara tepat untuk menanggulangi mata kering sewaktu menggunakan lensa kontak adalah mengurangi pemakaian, dan menggunakan obat tetes mata yang dianjurkan oleh spesialis perawat mata Anda.
Mata itu jagad, jadi kesehatannya harus diperhatikan. Mengurangi penggunaan lensa kontak, tidur cukup, olahraga dan makan makanan yang mengandung vitamin A, agar mata tetap terjaga.

Baca juga :   Mengatasi Rambut Rontok



loading...

Artikel terkait Efek Samping Penggunaan Lensa Kontak