Home » Info Kesehatan » Tips Sehat » Efek Positif Dan Negatif Dari Sinar UV Bagi Kesehatan

Efek Positif Dan Negatif Dari Sinar UV Bagi Kesehatan



sinar UVFakta yang diketahui, bahwa sinar ultraviolet dapat menyebabkan penuaan kulit dini dan kanker kulit. Ini adalah premis bagi evolusi dan popularitas teknologi. Tapi selain itu, apakah Anda tahu bahwa sinar UV juga memiliki efek positif pada tubuh? Jadi apa sebenarnya sinar UV dan bagaimana mereka secara positif dan secara negatif mempengaruhi Anda?

Sinar UV umumnya berasal dari matahari. Mereka memiliki tingkat energi yang sangat tinggi dan tidak terlihat dengan mata telanjang karena mereka adalah radiasi elektromagnetik yang dapat ditemukan di luar spektrum violet, maka namanya disebut ultraviolet.

Pengaruh Negatif Sinar UV

Kulit selalu menjadi daerah yang paling terkena dampak ketika terkena langsung sinar UV. “Erythmea” adalah salah satu efek yang paling umum jika terlalu banyak terkena sinar UV. Hal ini biasa kita kenal sebagai sengatan matahari. Hal ini terjadi ketika kulit rusak dengan menyerap energi dari sinar UV. Kulit manusia memiliki kemampuan alami untuk melawan ini dengan mengirimkan beberapa jumlah tambahan darah ke kulit yang rusak dalam upaya untuk memperbaikinya. Ini adalah alasan mengapa kulit terbakar jika terkena sinar matahari dan tampaknya berwarna kemerahan di atasnya. Orang dengan kulit gelap memiliki tingkat melanin yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang berkulit putih.

Baca juga :   Tips: Tetap Sehat Saat Liburan

Penuaan adalah efek yang paling terkenal dari dampak sinar UV pada kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak gejala umum yang terkait dengan penuaan seperti keriput dan melonggarkan kulit mungkin berhubungan dengan paparan sinar UV dan bukan hanya sekedar proses penuaan.

Efek yang paling ditakuti dari paparan sinar UV adalah kanker kulit juga dikenal sebagai Melanoma. Yang sangat berbahaya.

Pengaruh Positif Sinar UV

OK, cukup dari efek-efek negatif. Studi juga menunjukkan bahwa sinar ultraviolet juga dapat sangat membantu bagi manusia. Berikut adalah fakta-fakta:

1. Sinar UV sangat penting karena tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin D tanpa itu. Vitamin D membuat tulang kita kuat dan melindungi tubuh kita dari penyakit seperti Rakhitis. Hal ini membantu dalam pertarungan saraf dan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit seperti kanker dan diabetes.

2. Sinar UV dapat menurunkan tekanan darah.

3. Sinar UV juga dapat menurunkan LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

4. Di bidang medis Radiasi UV juga digunakan dalam terapi untuk mengobati penyakit-penyakit ringan seperti psoriasis dan berbagai vitiligo.

Baca juga :   Lemak atau Gula - Penyebab Dari Kegemukan

5. Dapat digunakan juga dalam pemurnian udara dengan Iradiasi kuman UVGI atau Ultraviolet

Ada berbagai manfaat untuk kesehatan dan bahkan telah baru-baru ini terbukti melalui penelitian ilmiah yang valid bahwa sinar UV dapat membantu menyembuhkan orang dari beberapa jenis gangguan tidur seperti mendengkur.

Kuncinya di sini adalah seberapa banyak Anda terkena dan menggunakan manfaat sinar UV ini. Ada kebaikan dalam sifat sinar UV tapi juga banyak yang dapat membahayakan tubuh manusia.




loading...

Artikel terkait Efek Positif Dan Negatif Dari Sinar UV Bagi Kesehatan

dampak sinar ultraviolet. dampak sinar uv. Manfaat sinar ultraviolet. sinar Uv. pengaruh sinar ultraviolet. efek sinar uv. Uv pernakes untuk UV.