Home » Pria » Tips Sehat » Dukunglah Mereka Yang Ingin Berhenti Merokok

Dukunglah Mereka Yang Ingin Berhenti Merokok



berhenti merokokBerhenti merokok, sangat bermanfaat bagi individu itu sendiri dan lingkungan di sekitarnya. Sebagai orang yang ingin berhenti merokok, mereka harus mendapat dukungan semangat dari semua pihak.

Tidak semua orang mempunyai niat dan motivasi yang cukup besar untuk benar-benar berhenti. Terkadang jika lingkungan tidak mendukung, bisa saja niat ini goyah sehingga menimbulkan kegagalan.

Dukungan dari orang sekitar sangat diperlukan sehingga mereka akan lebih yakin akan keputusannya tersebut. Tugas seorang pendukung selain menyemangati juga mengingatkan jika sewaktu-waktu niat ini berubah.

Tidak diragukan lagi, hal yang paling jelas saat seseorang memutuskan untuk berhenti merokok adalah tentunya kesehatan mereka. Manfaat berhenti merokok dapat dirasakan segera setelah berhenti. Tidak memandang dari segi umur, jenis kelamin atau berapa lama mereka menjadi seseorang perokok.

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kesehatan lain, jika seseorang memutuskan berhenti merokok.

1. Mengurangi resiko kanker

Saat memutuskan berhenti merokok, mereka akan terhindar dari zat karsinoge, yaitu suatu zat penyebab kanker yang dapat didapatkan sewaktu menghirup asap rokok. Jika karsinogen ini masuk dalam darah, mereka akan merusak sel dan membentuk mutasi DNA dalam sel. Sebenarnya kalau merokok tidak terlalu lama tubuh masih bisa menangkal, tapi jika sudah bertahun-tahun, maka tubuh sudah kewalahan dan resiko mengembangkan kanker semakin tinggi. Jadi sangat penting, agar seseorang memutuskan untuk berhenti merokok sedini mungkin.

Baca juga :   17 Cara Tercepat Membakar Lemak

2. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke

Merokok dalam waktu yang lama akan menyebabkan pembuluh darah arteri mengeras yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini akan membuat jantung kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh, yang membuat jantung dipaksa bekerja lebih keras. Setelah itu, tekanan ini akan menekan aorta dan arteri, yang efeknya akan menyebabkan perokok mengalami penyakit jantung atau stroke. Jadi, berhenti merokok adalah keputusan tepat agar terhindar dar penyakit ini.

3. Mengurangi resiko terkena penyakit paru-paru

Berhenti merokok, juga akan menghindarkan dari penyakit paru-paru, seperti enfisema dan bronkitis. Menghirup udara rokok, akan mengakibatkan paru-paru tidak bekerja maksimal. Dan perlu diperhatikan jika terkena enfisema, penyakit ini akan membuat paru-paru tidak kehilangan elastisitasnya dan akan membuat paru-paru sulit bekerja.

Tidak ada ruginya berhenti merokok, malah banyak keuntungan yang bisa diambil. Selain kesehatan yang merupakan harta paling berharga, kita juga bisa menghemat pengeluaran karena uang yang biasa digunakan untuk membeli rokok bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Jika Anda perokok, niatlah untuk berhenti, dan jika anda adalah keluarga atau sahabat perokok yang ingin berhenti, dukunglah mereka.

Baca juga :   Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Memulai Hari



loading...

Artikel terkait Dukunglah Mereka Yang Ingin Berhenti Merokok