Dua Sendok Makan Minyak Zaitun Bisa Mencegah Penyakit Jantung



Minyak zaitun mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Tapi, banyak warga masyarakat yang tidak tahu jumlah yang baik untuk menghasilkan manfaat kesehatan yang optimal.

Kenyataannya, untuk mendapatkan manfaatnya kita tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Penemuan terbaru menjelaskan, mengkonsumsi minyak zaitun dua sendok saja sudah bisa menghambat setengah dari risiko kematian yang disebabkan penyakit jantung. Dan, hampir 28% risiko penyakit jantung dapat dipotong dengan mengkonsumsi satu sendok minyak zaitun.

Banyak sekali penelitian yang membahas tentang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan jantung, namun penelitian yang mengkaji tentang seberapa besarnya risiko dari kematian yang bisa diturunkan masih terlalu sedikit.

Dalam sebuah penelitian yang sudah dimulai sejak 20 tahun lalu, yang mengkaji tentang pola makan seseorang. Penelitian ini dinamakan European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition dengan melibatkan  41.000 orang dewasa.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menjelaskan kematian yang disebabkan kanker tidak dapat dicegah dengan minyak zaitun, namun mempunyai dampak besar untuk memangkas risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Baca juga :   Konsumsi Tiga Cangkir Kopi Sehari Dapat Memperpanjang Usia?

Menurut Dr Charles Knight dari Cardiovascular Society Inggris, â??Temuan ini sangat signifikan. Hal ini memberitahu kita bahwa minyak zaitun baik untuk jantung.â?

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan lemak tak jenuh dan polifenol yang sehat. Polifenol adalah senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh serta menghambat terjadinya pembekuan darah.

Para peneliti dari Spanyol dengan riset terbarunya mencoba untuk melihat efek dari minyak zaitun terhadap risiko kematian, para peneliti melihat kebiasaan makan dari 40.662 pria dan juga wanita yang mempunyai usia 29 sampai 69 tahun dan dilakukan selama 13 tahun lebih. Selama penelitian dilakukan, jumlah peserta yang meninggal kurang dari 2.000 peserta, yang meninggal diakibatkan kanker berjumlah 956 orang dan akibat penyakit jantung sebesar 416 orang.

Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian yaitu jumlah peserta yang meninggal disebabkan penyakit jantung karena minyak zaitun yang dikonsumsi masih terlalu sedikit. Sedangkan mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan atau 29 gram mempunyai risiko yang lebih kecil meninggal karena jantung.

Baca juga :   Pare - Pahit Rasanya Manis Manfaatnya



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *