Home » Makanan dan Minuman » Dedak Gandum Atau Bekatul Sangat Menyehatkan Tubuh

Dedak Gandum Atau Bekatul Sangat Menyehatkan Tubuh



dedak gandumDedak gandum atau bekatul merupakan makanan dengan gizi tinggi dan sangat  bermanfaat bagi kesehatan Anda. Biasanya dikemas dalam bentuk sereal atau biskuit. Berikut akan dijelaskan manfaat dedak gandum selengkapnya.

Manfaat Kesehatan dari Bekatul Gandum

Pencernaan: Menurut survei terbaru, konsumsi bekatul dapat membantu mengurangi masalah kesehatan pada pencernaan. Bahan ini dapat membantu mengurangi beberapa gangguan pencernaan seperti wasir, iritasi pada usus besar dan sebagainya. Dedak gandum juga dapat membantu mengurangi konstipasi. Dedak gandum yang mengandung serat dapat melembutkan tinja dan membantu tinja keluar dengan mudah dan oleh sebab itu, pencernaan akan lancar dan akan jauh dari sembelit.

Mengurangi berat badan: Konsumsi rutin dedak gandum dapat mencegah kegemukan. Bekatul dari dedak gandum dikenal kaya akan serat makanan. Menyerap air dan saat di usus akan berkembang, sehingga akan memberikan rasa kenyang. Dedak gandum merupakan pengganti yang pas untuk makanan junk food. Sereal dedak gandum dapat dimakan saat makan siang atau ketika sarapan ditambah dengan susu dan buah-buahan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih. Selain itu, produk sereal dedak gandum ini saat mengunyah, lebih memerlukan waktu yang lama, sehingga akan cepat kenyang.

Baca juga :   Buah Pisang Sumber Energi Instan

Diabetes: Konsumsi dedak gandum juga dapat mencegah penyakit diabetes serta dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dedak gandum yang kaya akan serat dapat membantu menstabilkan tingkat gula dalam darah.

Dedak Gandum Sangat Enak Dan Manis

Dedak gandum mempunyai rasa yang manis dan dapat dibuat bermacam â?? macam bentuk makanan, seperti biskuit. Dedak gandum juga sangat baik untuk orang yang kekurangan serat, karena bahan ini dapat menambah asupan serat.

Dalam hal jumlah konsumsinya, dedak gandum dapat dikonsumsi secukupnya saja. Ketika Anda butuh asupan serat, maka makanan ini sangat dianjurkan. Tapi, jika tidak membutuhkan terlalu banyak asupan serat, dianjurkan untu hanya sedikit saja, karena jika berlebihan dapat mengakibatkan penyakit, semisal diare. Sereal dedak gandum ini, umumnya ditambahkan untuk makanan yang kandungan gizinya kurang. Sangat dianjurkan untuk menambahkan susu, saat mengkonsumsinya. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan nilai gizi yang tinggi.

Perlu diingat bahwa produk dedak gandum yang berebentuk sereal atau biskuit, dianjurkan untuk ditaruh dalam freezer agar tetap terjaga kualitasnya dan tetap segar saat dimakan dalam jangka waktu cukup panjang. Jika penyimpanannya salah, maka akan berakibat buruk, misal menjadi tengik, ada bakteri atau jamurnya. Hal ini akan menyebabkan penyakit, dan harus dibuang.

Baca juga :   Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

 




loading...

Artikel terkait Dedak Gandum Atau Bekatul Sangat Menyehatkan Tubuh

manfaat bubuk bekatul gandum. dedak gandum adalah. fungsi dedak gandum. guna bubuk katul gandum untuk kesehatan.