Home » Wanita » Dampak Negatif Rokok bagi Janin

Dampak Negatif Rokok bagi Janin



bahaya rokokPernah tidak anda bertanya-tanya kenapa di kemasan bungkus rokok ada larangan bahwa merokok berbahaya bagi ibu hamil dan janin? Sebenarnya sangat sepele, rokok mengandung nikotin yang tidak sesuai dengan keadaan fisik ibu hamil serta untuk janin itu sendiri. Asap rokok memiliki 700 zat kimia beracun yang sangat berbahaya bagi perkembangan janin didalam kandungan.

Saat seorang ibu sedang mengalami masa kehamilan, tubuhnya rentan sehingga seorang ibu yang merokok disaat kondisi sedang hamil maka secara langsung juga meracuni janin yang ada didalam rahim sang ibu. Karena disaat nikotin yang terserap dari rokok tersebut beredar di dalam aliran darah sang ibu dan diteruskan kedalam tali pusar sang jabang bayi sehingga apapun yang ada didalam tali pusar tersebut akan di supplai ke dalam janin dan secara tidak langsung sang janin juga menerima racun tersebut.

Dampak-dampak yang paling fatal bagi sang janin bayi ketika sang ibu merokok dalam kondisi kehamilan adalah susunan syaraf bayi akan kacau serta jantung dan pembuluh darah terkena racun dari zat yang ada pada rokok yang disalurkan melalui tali pusar tersebut pada saat usia kehamilan 2 sampai 5 minggu pertama.

Baca juga :   Alat Kontrasepsi Wanita Berdasarkan Usia

Disaat persalinan nanti, hal yang paling berbahaya adalah keguguran ataupun melahirkan sang bayi dalam keadaan sudah meninggal atau bayi yang baru lahir ke dunia dalam beberapa saat langsung meninggal karena daya tahan tubuhnya sudah tidak stabil sejak dari masa dalam kandungannya.

Resiko sindroma kematian mendadak bayi ( sudden infant death syndrome) menjadi tiga kali lipat terhadap bayi-bayi yang ibunya seorang perokok dibandingkan bayi-bayi dengan ibu normal lainnya.

Dan yang sangat perlu anda perhatikan adalah jika ibu hamil bukanlah seorang perokok namun di lingkungannya ia hidup dikelilingi oleh orang-orang perokok maka hal tersebut juga mempengaruhi si jabang bayi tersebut. Karena dari hasil penelitian dan survey yang telah dilakukan oleh para pakar menunjukkan kematian bayi secara mendadak ternyata sebagian besar berasal dari lingkungan yang memiliki orang-orang perokok semisal seperti ayah atau kerabat-kerabat lainnya.

Nah, bagi ibu hamil.. anda harus berhati-hati terhadap asap rokok yang berasal dari lingkungan anda. Sebisa mungkin jika dalam masa kehamilan hindari tempat-tempat yang berpotensi memiliki asap rokok dan mintalah orang-orang disekitar anda untuk tidak merokok demi kesehatan dan keselamatan sang jabang bayi anda kelak nantinya.

Baca juga :   Tips Kesehatan Kulit



loading...

Artikel terkait Dampak Negatif Rokok bagi Janin