Dampak Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan



kebanyakan makan cabaiManusia pada hakikatnya memiliki berbagai macam selera baik itu gaya hidup, penampilan, sampai pada makanan sekalipun. Di indonesia saja banyak sekali tersaji berbagai macam makanan yang mampu menggugah selera kita karena di indonesia sendiri memiliki budaya yang beragam sehingga makanan khas nya pun juga berbeda-beda.

Berbicara masalah makanan, jika anda adalah seorang yang sangat senang dengan makanan yang pedas-pedas maka rasanya kurang mantap kalau sajian diatas meja kurang pedas. Cabai memang memiliki beberapa manfaat kesehatan Namun tahukah anda bahwa makanan yang berbahan pedas itu justru tidak baik untuk kesehatan dan dianjurkan tidak terlalu sering atau berebihan mengkonsumsinya, mengapa demikian? Simak beberapa alasannya:

#1 Makanan pedas tidak baik bagi kesehatan kulit anda

Iya, terlalu banyak mengkonsumsi cabai apa lagi yang di goreng akan membuat kulit anda menjadi berminyak dan banyak timbunan lemak yang tertahan di kulit khususnya kulit wajah sehingga orang yang suka makan sambal terkadang dapat kita temui wajahnya berjerawat. Untuk itu jika anda memang seseorang yang doyan dengan sambal maka kontrol lah pola makan anda agar anda tetap sehat.

Baca juga :   Pengertian dan Terapi Trypophobia

#2 Makanan pedas mampu meningkatkan asam lambung dan memicu maag

Jika anda terus menerus mengkonsumsi makanan pedas maka anda rentan terkena penyakit  maag. Penderita maag yang masih mengkonsumsi makanan pedas berpotensi menyebabkan perlukaan lambung yang menyebabkan perdarahan.

#3 Makanan pedas dapat menyebabkan insomnia

Disaat orang makan makanan yang pedas di waktu malam sebelum tidur maka suhu tubuh akan naik yang menyebabkan lebih sulit memulai tidur karena suhu tubuh perlu diturunkan sebelum tidur.

#4 Mengurangi nafsu makan

Memang hal ini tidak dirasakan oleh sebagian besar penikmat makanan pedas, namun ada satu kasus dimana orang yang selalu makan makanan pedas maka nafsu makannya menjadi kurang dan dan cenderung untuk minum lebih banyak air.

#5 Makanan pedas dapat menyebabkan sariawan

Terlalu sering makan makanan yang pedas maka anda rentan terkena sariawan apa lagi ditambah pola hidup anda yang kurang sehat sehingga rentan sekali terkena penyakit ini. Dan hal yang terparahnya ialah sariawan akan berlanjut ke kayap yang akan tumbuh disekitar bibir dan mulut sehingga mengganggu kenikmatan makan anda.

Baca juga :   Telinga Berdengung Adalah Gejala Gangguan Kesehatan

#6 Sakit perut

Fungsi capcaisin diproduksi oleh tumbuhan pada awalnya adalah sebagai zat untuk memproteksi dari dari serangan hama. Terlalu banyak makan pedas menyebabkan iritasi pada pencernaan yang menyebabkan meningkatnya gerakan usus sehingga mulas-mulas dan menimbulkan masalah pencernaan.

Nah, bagi anda pencinta makanan pedas. Sudah saatnya untuk perhatikan pola makan anda. Usahakan tidak terlalu banyak makan pedas karena akan berdampak negatif bagi kesehatan. Namun tidak ada salahnya makan makanan yang pedas asal terkontrol.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *