Home » Wanita » Ciri-ciri Kehamilan

Ciri-ciri Kehamilan



Sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru saja menikah adalah kehamilan. Terutama untuk mereka yang belum mempunyai anak. Banyak sekali wanita yang tertipu hanya karena mereka telat menstruasi, padahal sebenarnya tidak. Sebagai petunjuk kehamilan, untuk lebih pastinya Anda dapat menggunakan tanda-tanda kehamilan yang akan disampaikan berikut:

1. Payudara Membengkak dan Empuk

Salah satu tanda dari kehamilan adalah payudara terasa sedikit sensitive dan sakit yang di akibatkan meningkatnya kadar hormon. Dibandingkan saat mengalami menstruasi, rasa sakit yang dialami biasanya akan lebih sakit. Secara signifikan ketidaknyamanan ini akan berkurang setelah trimester karena perubahan hormon yang mengakibatkan tubuh bisa menyesuaikan diri.

2. Cepat Merasa Lelah

Seseorang seringkali merasa lelah secara tiba-tiba pada kehamilan di trimester pertama, mungkin diakibatkan oleh kadar hormon progesterone yang meningkat secara cepat. Namun, setelah mencapai trimester kedua perempuan hamil akan merasa lebih energik.

3. Ada Sedikit Pendarahan

Sekitar 6-12 hari setelah berhubungan, ada beberapa perempuan yang mengalami sedikit pendarahan di vagina. Penyebab dari pendarahan ini karena sel telur yang dibuahi memasuki lapisan rahim. Contoh, adanya bercak darah, merah muda atau hanya bercak noda berwarna coklat kemerahan dan pendarahan ini terjadi sangat ringan.

4. Mengalami Mual dan Muntah

Setelah 1 bulan melakukan hubungan suami istri, perempuan biasanya akan mengalami mual dan muntah di pagi hari. Rasa mual dan muntah ini untuk wanita yang sedang hamil tidak hanya terjadi di pagi hari namun di siang hari atau malam hari juga dapat terjadi.

5. Meningkatnya Kepekaan Terhadap Bau-Bauan

Ada beberapa perempuan yang cenderung merasa jijik dengan bau tertentu seperti parfum, kopi, atau dari aroma makanan yang sebelumnya juga disukai oleh perempuan itu. Bau tersebut dapat memicu reaksi refleks muntah.

6. Perut Kembung

Saat awal kehamilan terjadi perubahan hormon yang dapat membuat perut seseorang terasa kembung, sangat mirip seperti pada saat perempuan belum datang masa periode menstruasinya.

7. Sering Buang Air Kecil

Sepanjang waktu perempuan yang hamil sering buang air kecil, hal ini dikarenakan jumlah darah dan cairan selama hamil meningkat dan mengakibatkan adanya cairan tambahan yang diproses oleh kandung kemih dan ginjal.

8. Telatnya Jadwal Menstruasi

Sebelum tanda yang lain muncul, seseorang yang periode menstruasinya lancar akan melakukan tes kehamilan. Tetapi bila periode menstruasinya tidak teratur, maka beberapa gejala yang ada di atas dapat dijadikan petunjuk bahwa Anda akan telat mendapatkan periode menstruasi.

9. Suhu Basal Tubuh Tetap Tinggi

Yang dimaksud dari suhu basal tubuh adalah suhu yang diukur pada pagi hari saat Anda bangun tidur dan masih di tempat tidur, serta belum melakukan aktivitas apapun. Gunakanlah thermometer yang diletakan  di bawah lidah untuk mengukurnya. Jika selama 18 hari berturut-turut suhu basal Anda tetap tinggi maka ada kemungkinan Anda hamil.

10. Menggunakan Tes Kehamilan

Untuk mengetahui tanda kehamilan, Anda dapat menggunakan salah satu tes yang bisa dibilang akurat yaitu dengan menggunakan alat tes kehamilan. Paling baik untuk penggunaan alat tes kehamilan yaitu sekitar satu minggu setelah telat mendapatkan menstruasi. Apabila hasilnya negative tapi tanda-tanda di atas tetap ada, cobalah Anda ulangi beberapa hari kemudian.

11. Tidak Lagi Mendapat Haid atau Menstruasi Pada Bulan Berjalan

Agar Anda dapat mengetahui usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan Anda, maka Anda perlu mengetahui secara pasti waktu hari pertama datangnya haid. Perlu Anda ketahui juga bahwa haid yang tidak tepat juga dapat disebabkan oleh hal-hal lain.

Tanda kehamilan setiap wanita sangat bervariasi. Ada yang sangat berat, tetapi ada juga yang tidak mengalami keluhan sama sekali. Jadi, apabila ciri-ciri kehamilan belum ada, sebaiknya Anda perlu melakukan tes lain.

Jangan lupa Anda periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda yang dapat Anda tunjukan dari tanda-tanda yang ada di atas.




loading...

Artikel terkait Ciri-ciri Kehamilan

contoh flek setelah berhubungan intim. contoh hamil tapi haid. contoh flek coklat setelah haid. contoh menstruasi saat hamil. contoh tes kehamilan setelah berhubungan. contoh flek setelah berhubungan. berhubungan saat flek bisa hamil.