Home » Tips Sehat » Cegah Sembelit Sebelum Terlambat

Cegah Sembelit Sebelum Terlambat



sembelitSembelit merupakan salah satu sensasi paling tidak nyaman bagi tubuh manusia. Tubuh terasa begitu kembung dan tidak nyaman. Kadang-kadang, hal ini bahkan dapat membuat rasa sakit dan pendarahan bahkan usus buntu. Sebelum Anda terkena sembelit, ada baiknya dilakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut akan dipaparkan beberapa tips alami bagi Anda untuk mencegah sembelit.

Untuk mencegah sembelit secara alami, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah, mulai hari ini. Pertama-tama, Anda perlu lebih banyak asupan serat. Terlalu banyak orang di dunia ini tidak mendapatkan jumlah serat yang tepat dan banyak dari mereka tidak sadar bahwa serat telah berkontribusi besar untuk mencegah bahkan menyembuhkan sembelit.

Tanpa serat, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan tinja yang tepat dan akan membuat Anda merasa tidak teratur dan sangat tidak nyaman. Makan banyak produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan dan makanan lain yang akan membuat Anda terbebas dari sembelit.

Cara lain untuk mencegah sembelit secara alami adalah minum air lebih banyak. Jika Anda memperbanyak asupan air pada tubuh, maka tubuh Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Nah, jika Anda kekurangan air maka akan mengalami dehidrasi. Perlu diketahui bahwa yang bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda mengalami sembelit adalah dehidrasi. Tinja Anda mungkin sangat kering karena sebenarnya tinja berusaha untuk menyerap air. Karena sangat kering, terjebak dalam tubuh Anda dan tidak bisa keluar. Minum air dapat melonggarkan itu sedikit dan melunakkan tinja Anda, sehingga Anda dapat mengeluarkan tinja Anda dengan mudah.

Cara alami lain untuk meringankan dan mencegah sembelit adalah olahraga. Cara ini akan membantu untuk melonggarkan tubuh Anda, serta membuat rileks tubuh dan pikiran Anda. Olahraga akan membantu untuk membuat tubuh Anda sehat dan juga akan menjaga usus Anda sehat dan terhindar dari sembelit.

Sembelit tidak harus menjadi masalah bagi Anda lagi jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana yang dijelaskan diatas. Mengambil obat pencahar dan bentuk lain dari obat-obatan dapat menjadi masalah buat kesehatan tubuh Anda karena mengandung efek samping.




loading...

Artikel terkait Cegah Sembelit Sebelum Terlambat