Bagaimana Mencegah Mengurangi dan Menyembuhkan Jerawat



Apa Penyebab Jerawat?

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa jerawat disebabkan oleh kulit yang kotor atau remaja sering mengaitkannya dengan jatuh cinta tetapi penyebab jerawat yang sebenarnya karena kelenjar minyak yang terlalu aktif dikulit dan akumulasi minyak, bakteri dan sel kulit mati yang kemudian menyababkan peradangan pada pori-pori.

Selama masa-masa pubertas hormon-hormon menjadi aktif sehingga kelenjar minyak menjadi terangsang untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Faktor lain yang menyebabkan jerawat adalah karena pengaruh genetik, jika ada orang lain dalam keluarga yang memiliki banyak jerawat kemungkinan besar anda juga dapat memilikinya.mencegah jerawat

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah jerawat, cobalah tips-tips ini untuk membantu mencegah, mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat.

1. Menjaga kebersihan wajah dengan mencucinya adalah hal yang penting. Dengan mencuci wajah secara teratur dapat mengurangi kelebihan minyak, membersihkan bakteri dan sel kulit mati yang bisa menjadi makanan kuman penyebab jerawat. Mencuci wajah yang ideal adalah sesuai dengan aktifitas dan kebersihan kulit tetapi umumnya 2 kali sehari menggunakan sabun yang tidak terlalu keras. Sedangkan mencuci hanya menggunakan air (atau air hangat) dapat dilakukan setiap saat. Mencuci terlalu banyak dapat mengakibatkan kerusakan oleh karena terlalu kering dan menyebabkan ketidak seimbangan bakteri alami kulit.

Baca juga :   Efek Positif Dan Negatif Dari Sinar UV Bagi Kesehatan

Ingatlah untuk mencuci wajah setelah berolahraga karena keringat dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat Anda memburuk.

Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit, seperti lotion atau makeup, cari yang yang nonacnegenic atau noncomedogenic, yang berarti bahwa produk perawatan wajah tersebut tidak menyumbat pori-pori.

2. Jika anda seorang wanita sebaiknya gunakan riasan yang tidak terlalu tebal. Selalu bersihkan jika sudah tidak dibutuhkan dan jika memungkinkan gunakan kosmetik barbahan dasar air.

3. Apa yang dipakai pada rambut juga dapat mempengaruhi wajah. Minyak rambut, spray dan wewangian dapat mempengaruhi kadar minyak pada wajah. Saat jerawat sedang banyak sebaiknya tata rambut agar tidak menutupi wajah.

4. Coba produk anti jerawat. Produk topikal (yang dioleskan pada kulit) mungkin mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, agen antibakteri dengan efek pengeringan, atau asam salisilat. Mulailah dengan jumlah kecil pada awalnya.Kemudian sesuaikan dengan menambah atau mengurangi jumlah dan seberapa sering penggunaannya, tergantung pada seberapa banyak mengupas atau pengeringan jerawat yang dimiliki. Gunakan salep dengan hati-hati jika Anda memiliki kulit sensitif. Benzoil peroksida dapat menyebabkan kemerahan kulit. Sangat disarankan untuk menghubungi dokter kulit jika jerawat anda cukup parah.

Baca juga :   Kenali Penyebab Lingkaran Hitam Pada Mata Serta Solusinya

5. Hindari mengenakan pakaian ketat jika anda mempunyai jerawat di area seperti dada atau punggung,karena pakaian ketat dapat menggosok, menambah keringat dan menyebabkan iritasi.

6. Jauhkan tangan dari wajah. Hindari menyentuh wajah atau menopang pipi atau dagu dengan tangan terlalu sering. Menyentuh wajah dengan tangan tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, Anda juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang karena jerawat. Terutama jika anda memiliki kuku yang panjang.

7. Makan makanan bergizi dapat membantu kulit dan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Nutrisi yang dikenal dapat membantu kesehatan kulit dan mengurangi jerawat yaitu vitain A, vitamin E, vitamin B, vitamin C dan Zinc. Tetapi pada intinya tidak perlu memilih makanan tertentu selama anda memiliki pola makan yang baik yaitu cukup karbohidrat, protein, buah dan sayur setiap hari dengan porsi yang proporsional.

Kesulitan mengontrol jerawat atau merasa terganggu, tidak ada salahnya mengkonsultasikan masalah anda dengan dokter atau dokter kulit untuk mendapatkan beberapa saran atau mungkin obat yang sesuai dengan kondisi kulit anda.




loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *