Home » Wanita » Cara Perawatan Rambut

Cara Perawatan Rambut



Wanita mana yang tidak menginginkan memiliki rambut indah. Tentunya semua wanita mengiginkan rambut yang indah. Sekarang ini untuk mendapatkan rambut indah relatif lebih mudah, karena sekarang banyak beredar obat-obatan untuk merawat rambut, seperti leave on conditioner,  pelurus rambut, dll. Namun perlu Anda tahu bahwa ada cara perawatan rambut yang dapat memberikan perbedaan pada rambut, diantaranya:

Ikan dan Kacang-kacangan

Kandungan protein serta omega 3 yang terdapat pada kacang-kacangan dan ikan disinyalir dapat membantu untuk menyehatkan rambut. Ikan juga salah satu sumber vitamin B12 dan zat besi yang baik untuk tubuh, sehingga bagus juga untuk menyehatkan rambut dan kulit. Di dalam folikel rambut akan disimpan zat besi yang akan digunakan oleh tubuh di lain waktu. Bila zat besi di dalam tubuh habis, maka cadangan tersebut akan dipakai oleh sel-sel lain. Namun sangat disayangkan karena proses ini bisa menjadikan rambut mengalami kerusakan. Sumber zinc yang terdapat pada kacang mete, kenari, kemiri dapat memperlambat kerontokan rambut dan rambut yang menipis.

Silikon Dapat Memperbaiki Rambut

Rambut rontok dan tipis banyak dikeluhkan oleh perempuan. Cari produk yang memiliki kandungan silikon, ini sangat baik untuk menumbuhkan rambut. Produk tersebut diantaranya cyclomethicone atau dimethicone. Produk tersebut akan menjadikan rambut lebih lebat.

Rambut yang Bercabang dan Rusak

Beberapa produk rambut tidak mampu mengatasi rambut bercabang yang berakhir pada kerusakan. Memangkas rambut adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi rambut bercabang. Mereka yang memiliki risiko mengalami rambut bercabang sebaiknya setiap 6 minggu sekali untuk memangkas rambut.

Air Dingin Menjadikan Rambur Bersinar

Lapisan kutikula yang ada di rambut dapat ditutupi dengan air dingin, disamping itu air dingin juga membantu kerja kondisioner supaya lebih maksimal, menjaga kelembaban, dan menjadikan rambut semakin berkilau. Sedangkan untuk air panas akan menyebabkan sebum menjadi hilang, sebum adalah minyak pelindung yang bermanfaat dalam memberikan efek kemilau rambut dan sebagai kondisioner yang alami.

Pewarna Rambut dan Produk Rambut

Kerusakan rambut dapat terjadi karena proses pewarnaan rambut. Pewarna rambut ada 3 jenis, yakni temporer, semi permanen, dan permanen. Namun dari ketiganya terdapat bahan kimia walaupun kadar atau konsentrasinya berbeda-beda. Mereka yang sering menggunakan pewarna rambut akan memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami kerusakan rambut.

Masalah ini dapat dicegah dengan memakai pelembab atau kondisioner. Sebaiknya kondisioner yang digunakan khusus untuk rambut yang rusak atau rambut yang berwarna.

Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Nutirisi dan minyak rambut dapat terbuang jika Anda melakukan keramas atau mencuci rambut setiap hari, ini akan menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering. Supaya rambut tetap sehat, ada baiknya untuk mencuci rambut dilakukan 2 sampai 3 hari sekali. Untuk Anda yang mempunyai rambut yang sangat berminyak, sebaiknya gunakan sampo kering atau dry shampoo untuk bagian garis rambut dan akar.

Suplemen untuk Rambut

Untuk menumbuhkan rambut secara sehat dapat menggunakan suplemen, seperti biotin, zat besi dan silica. Biotin dapat Anda temukan pada biji-bijan, diantaranya legume. Silica banyak terdapat dalam suplemen vitamin.

Saat Basah Rambut Jangan Disisir

Ketika rambut masih basah sebaiknya jangan disisir dulu karena akar rambut dalam kondisi yang paling lemah. Gunakanlah sisir yang bergiri jarang jika Anda tetap ingin menyisirnya, da nada baiknya untuk menggunakan kondisioner. Jika dibandingkan dengan rambut kering, rambut basah lebih gampang rusak. Baiknya rambut dikeringkan dulu dengan handuk, lalu biarkan mengering secara alami.




loading...

Artikel terkait Cara Perawatan Rambut

apakah menyiram rambut dengan air dingin setiap hari itu dapat menyehatkan rambut.