Cara Perawatan Kulit Kering



Walaupun Anda jarang mengalami kulit kering, tapi masalah ini dapat menyebabkan Anda menjadi terlihat menua. Oleh sebab itu perlu melakukan perawatan kulit untuk menjaga kelembaban kulit. Penyebab kulit kering adalah rendahnya kelembaban kulit, menjaga kelembaban kulit merupakan upaya yang sangat baik untuk mengurangi risiko terkena kulit kering.

Berikut ada beberapa cara perawatan kulit kering supaya kesegaran dan kelembaban kulit Anda terus terjaga:

1. Menjaga kelembaban udara

Jagalah selalu kelembaban udara di rumah atau ruangan Anda, kesejukan dan kelembaban dalam rumah Anda sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit Anda. Cara lainnya, Anda dapat menambahkan minyak khusus pada air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Sebaiknya mandi jangan terlalu lama, ini dapat menjadikan kulit menjadi tambah kering. Ketika sedang mandi air hangat sebaiknya mandi dengan cepat dan tidak menggunakan sabun secara berlebihan.

2. Mandi dua kali sehari

Kurangi gosokan handuk dengan kulit setelah mandi, biasakan menggunakan handuk dengan menepuk-nepuk saja. Iritasi dapat saja terjadi karena penggunaan handuk yang digosok-gosok ke kulit. Biasakan juga setelah mandi untuk mengoleskan pelembab ke kulit. Pori-pori akan terbuka pada saat mandi sehingga penyerapan pelembab ke dalam kulit akan sangat efektif. Ini akan membantu menjaga kelembaban kulit. Perlu diperhatikan, bahwa krim yang mudah mengering dan krim yang ada kandungan alkoholnya perlu Anda hindari.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Bau Mulut

3. Pilih pelembab yang mengandung SPF dan UV filter

Untuk aktivitas sehari-hari, sebaiknya pilih pelembab yang ada kandungam UV filter dan SPF, terutama untuk mereka yang bidang pekerjaannya berada di luar ruangan.

4. Cukupi kebutuhan air putih

Kecukupan air putih yang baik dalam sehari adalah 8 gelas, rutinlah mengkonsumsi air putih karena sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh.

5. Istirahat dengan cukup

Kulit akan menjadi segar dan sehat jika Anda tidur antara 6-8 jam dalam sehari.

6. Olahraga dengan teratur

Rutinlah berolahraga, dalam seminggu sebaiknya berolahraga minimal 3 kali. Tubuh, badan, dan kulit akan tetap fit jika Anda melakukan olahraga secara teratur.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba  dengan memberikan pelembab kemudian memijat dengan lembut pada area kulit. Ini sangat membantu memperlancar sirkulasi darah serta kelenjar yang menghasilkan sebum. Supaya hasil lebih maksimal sebaiknya dilakukan secara teratur. Sebaiknya wajah jangan diperlakukan secara kasar, seperti terlalu keras mengusap wajah ketika selesai cuci muka karena dapat mengurangi kelembaban kulit. Pada malam hari sebaiknya memakai krim pelembab dan oleskan krim maupun minyak bayi setelah mandi.

Baca juga :   Bagaimana Cara Mencegah Asam Urat?

Sebagai tambahan, untuk malam hari Anda dapat mengoleskan krim susu.  Susu mempunyai manfaat yang sangat baik untuk melembutkan kulit. Sebaiknya krim tersebut sering digunakan pada daerah di sekitar mata dan bibir, area ini mempunyai risiko yang lebih besar mengalami kekeringan kulit.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *