Cara Penularan dan Cara Menghindari Penyakit Herpes



Kemunculan penyakit herpes sering tidak menimbulkan gejala, hal ini yang membuat banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi virus herpes. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara penularan penyakit herpes dan cara untuk menghindarinya.

Ada dua jenis penyakit herpes yang dapat menginfeksi manusia, diantaranya penyakit herpes zooster  atau shingles yang nampak seperi cacar dan penyakit herpes genital atau herpes simplex.

Virus yang menginfeksi kedua penyakit itupun berbeda. Penyebab dari penyakit herpes zooster adalah virus varicella zooster atau VZV dan penyebab penyakit herpes genital adalah herpes HSV 2 atau Herpes Simplex Virus 2. Memang dari kedua penyakit ini berbeda, namun keduanya merupakan penyakit yang dapat menular.

Cara penularannya:

1. Penyakit herpes genital atau kelamin

Penularannya terjadi dari kontak kulit secara langsung yaitu daerah yang sudah terinfeksi ke bagian daerah yang tertular.

Contohnya ketika seseorang yang sudah terinfeksi mencium atau melakukan hubungan intim seperti oral, dubur atau vagina, hal ini dapat menularkan ke pasangannya. Jika kondisi seseorang sedang sakit, maka herpes jenis ini akan sangat mudah menular. Pertanda yang muncul biasanya rasa gatal, merasakan kesemutan dan beberapa reaksi lain sebelum muncul di kulit.

2. Penyakit herpes zooster

Penyakit jenis ini lebih sering mempengaruhi orang dewasa yang mempunyai kekebalan tubuh yang sedang menurun. Memang virus herpes ini berada di mana-mana, namun bila seseorang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik, maka akan jarang sekali terserang.

Baca juga :   Penyebab Jerawat Orang Dewasa

Virus varicella zooster merupakan virus yang dapat menimbulkan penyakit cacar. Bila seseorang pernah terkena cacar maka akan jarang untuk terkena herpes zooster.

Rasa yang ditimbulkan pun berbeda dengan cacar, herpes zooster menyebabkan nyeri dan rasa sakit yang sangat luar biasa. Dan untuk lokasi penyakitnya, terjadi hanya di beberapa sisi tubuh saja. Terkadang juga menyerang bagian mata, wajah, telinga, leher dan ujung hidung.

Gejala awal yang muncul adalah rasa sakit yang terjadi di satu daerah tertentu. Biasanya disertai dengan ruam yang di dalamnya berisi cairan dan karakteristiknya menyerupai cacar air. Bila digaruk dapat menimbulkan infeksi.

Cara menghindari

Kutipan dari eHow menyebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya dapat terhindar infeksi kelamin herpes, yaitu:

1. Pakailah kondom baik bagi laki-laki maupun perempuan. Adanya riset menunjukan, bahwa kondom latex bila digunakan dengan benar dapat mencegah virus herpes. Praktik tersebut cukup mampu untuk mengurangi risiko penularan.

2. Kejujuran sangat diperlukan, jujurlah dengan pasangan Anda bahwa salah satu diantara Anda mempunyai infeksi penyakit seksual. Hal tersebut sangat membantu untuk mengurangi penularan yang terjadi melalui kontak seksual.

3. Bila sedang flu jangan melakukan seks oral atau bila diketahui mempunyai HSV 1 dalam mulut. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran virus pada alat kelamin.

Baca juga :   Penyebab, Klasifikasi, Dan Kategori Pada Nyeri Kanker

4. Setialah dengan satu pasangan atau monogami dan setiap kali berhubungan lakukanlah dengan praktik seks yang aman tanpa ada perkecualian. Cegahlah beberapa gesekan dan luka kecil yang timbul pada penis atau vagina yang dapat berpotensi masuknya virus ke dalam tubuh.

5. Setelah menyentuh luka sebaiknya mencuci tangan sebelum Anda menyentuh beberapa bagian tubuh yang lain, hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus.

Sedangkan untuk penyakit herpes zooster (shinges), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindarinya, seperti:

1. Jika sama sekali belum pernah mengalami cacar air, usahakan jangan berdekatan dengan seseorang yang sedang terkena cacar.

2. Infeksi virus varicella zooster dapat dicegah dengan melakukan vaksin. Seseorang tidak dapat terkena herpes zooster jika tidak pernah mengalami cacar air. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan vaksin cacar supaya dapat terhindar dari cacar air.

3. Bila Anda mengalami herpes zooster, cucilah tangan sesering mungkin supaya penyakit tersebut tidak menyebar pada bagian tubuh yang lain.

4. Usahakan untuk menghindari kontak atau sentuhan dengan penderita herpes zooster, karena salah satu media penularan penyakit ini adalah dari sentuhan.

5. Jagalah sistem kekebalan tubuh Anda supaya tidak menurun, sehingga virus akan kesulitan dalam menginfeksi tubuh.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *