Cara Menghilangkan Komedo



komedo hidungProduksi kelenjar sebasea pada kulit remaja membuat wajah terutama disekitar hidung dipenuhi komedo. Umumnya komedo dan jerawat akan berkurang dan menghilang seiring pertambahan umur menuju dewasa.

Ada dua jenis komedo yakni yang berwarna hitam dan berwarna putih. Komedo yang berwarna hitam adalah komedo yang terbuka kemudian teroksidasi sehingga berwarna hitam sedangkan komedo yang berwarna putih yakni komedo yang masih didalam kulit atau komedo yang masih baru keluar.

Cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau bisa menggunakan produk perawatan kecantikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan komedo diwajah

1. Menggunakan strip penghilang komedo. Ini cara yang cepat dan mudah, kamu bisa membelinya di supermarket atau di apotik terdekat. Supaya lebih efektif, lunakan komedo dengan cara membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat sebelum memakai strip penghilang komedo. Gunakan strip ini secara teratur jika komedo ada lagi.

2. Putih telur. Cara kerjanya mirip dengan strip penghilang komedo, bedanya adalah ini menggunakan bahan alami. Pertama-tama kocok puth telur hingga berbusa. Oleskan dibagian wajah yang berkomedo kemudian tutup dengan tisu lalu tunggu hingga kering sempurna. Setelah kering, angkat tisu secara perlahan. Akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat dibagian dalam tisu.

Baca juga :   Tips Memilih Sikat Gigi Yang Benar Untuk Anak Anda

3. Uap Air. Uap air yang mengenai wajah akan membuka pori-pori dan melunakan komedo sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sebagai tambahan bisa juga menambahkan air jeruk nipis di air panas. Caranya dekatkan wajah pada air mendidih hingga uapnya menyentuh wajah, hati-hati jangan terlalu dekat. Supaya hasilnya maksimal, taruh handuk bersih di kepala sehingga uap air lebih lama mengenai wajah. Biarkan hingga sekitar 5 menit kemudian bersihkan komedo dengan menggunakan kapas  hangat.

4. Menggunakan pembersih wajah yang dapat menghilangkan komedo. Produk-produk seperti ini tersedia untuk pria maupun wanita. Bersihkan wajah dengan sabun maksimal dua kali sehari karena lebih dari itu dapat merusak flora normal kulit wajah.

5. Pergi ke dokter kulit atau salon. Bagi yang ingin kemudahan, pergi saja kesalon dan minta untuk perawatan menghilangkan komedo. Setiap salon atau dokter kulit bisa saja mempunyai metode yang berbeda, mulai dari yang sederhana hingga yang menggunakan alat canggih misalnya menggunakan extraktor, facial, waxing atau jika terlalu banyak dengan menggunakan laser.

Baca juga :   Pola Makan Sehat di Bulan Puasa

Metode apapun yang kamu pilih pastikan mencuci tangan dengan sabun supaya bakteri di tangan tidak masuk kepori-pori dan menimbulkan iritasi atau bahkan jerawat baru. Setelah membersihkan komedo, kecilkan pori-pori menggunakan es atau air es.




loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *