Cara Menghilangkan Bau Mulut



Bau MulutPasti tidak nyaman kalau saat kita berbicara dijauhi oleh orang yang kita ajak bicara. Dijauhi secara tiba-tiba seperti itu biasanya dikarenakan bau badan atau bau mulut. Jangan sampai saat-saat penting terganggu hanya karena bau mulut.

Kebanyakan kasus bau mulut dikarenakan karena masalah di dalam mulut misalnya karena karies gigi, sisa makanan yang membentuk plak. Tetapi asal bau ini juga bisa berasal dari paru-paru, rongga sinus, sistem pencernaan dan penyakit sistemik seperti diabetes. Cara mengatasi bau mulut sebenarnya mudah, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Bersihkan gigi dan lidah

Menyikat gigi merupakan hal yang vital untuk kebersihan mulut dan gigi. Sikatlah gigi minimal dua kali setiap hari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Membersihkan lidah juga perlu karena tekstur lidah yang mempunyai banyak sel menonjol menjadikannya tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. Membersihkan lidah dapat dengan alat khusus pembersih lidah atau juga bisa menggunakan sikat gigi.

2. Periksakan kesehatan gigi secara teratur, dianjurkan untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Selain memeriksa kesehatan mulut, dokter gigi juga akan membersihkan karang gigi yang menjadi biang bau mulut.

Baca juga :   Tips Mencegah Bau Mulut

3. Banyak minum air putih

Minum air selain membilas mulut juga dapat meningkatkan produksi saliva (ludah) dimana salah satu fungsi saliva adalah untuk sistem pertahanan tubuh dari kuman.

4. Kurangi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, petai, jengkol, durian dan lain sebagainya.

5. Alkohol dan rokok juga menjadi biang bau mulut lainnya. Selain menjadi penyebab bau mulut rokok juga dapat membuat gigi menjadi kuning dan bibir menjadi kehitam-hitaman.

6. Terakhir, untuk menghadapi saat-saat penting tidak ada salahnya untuk menggunakan pewangi mulut.

Kebersihan adalah hal yang mutlak harus dijaga apapun jika tidak bersih dapat menyebabkan bau. Sedangkan jika terdapat penyakit sistemik sebaiknya disembuhkan terlebih dahulu penyakit tersebut




loading...