Home » Wanita » Cara Mengencangkan Payudara

Cara Mengencangkan Payudara



Sebagai penunjang penampilan, bagian tubuh wanita yang paling mendapat perhatian adalah payudara. Kepercayaan diri akan timbul dengan adanya bentuk payudara yang proporsional dan besar.

Masalah payudara kendor banyak sekali dialami wanita. Berbagai sebab dari tidak kencangnya payudara, antara lain:

1. Penuaan. Kulit wanita berkurang elastisitasnya sekitar umur 30-an. Terjadi degenerasi pada jaringan lunak yang menopang payudara dan kelenjar mamari. Wanita yang berpayudara besar sering kali mengalami masalah pengendoran karena faktor penuaan. Kemungkinan gaya gravitasi kurang bersahabat terhadap payudara yang besar.

2. kehamilan. Pada waktu hamil jaringan payudara yang membesar akan kembali mengecil saat tidak diperlukan. Proses tadi disebut dengan involusi payudara, biasanya terjadi setelah persalinan bagi ibu yang tidak menyusui atau setelah menyapih. Pada saat mengecilnya jaringan tersebut, kulit yang ada disekitarnya tidak ikut mengecil sehingga membuatnya tampak melorot dan kempes. Memang seiring berjalannya waktu, lemak itu akan kembali ke payudara, tapi tidak sepenuhnya dapat menghilangkan kekendoran itu. Penting untuk Anda ketahui bahwa payudara kendor dapat terjadi pada ibu yang menyusui atau tidak.

3. Kegemukan.

4. Terjadinya penurunan berat badan secara drastis.

5. Adanya sebab lain yang seringkali tidak diketahui.

Kekencangan payudara dalam kedokteran mempunyai skala 0-3. Skala 0 mempunyai arti payudara kencang yaitu putting susu tegak dan lebih tinggi dari kulit penopangnya. Skala 3 yaitu puting susu mengarah lurus ke bawah.

Banyak wanita yang mengeluh karena payudaranya kendor sehingga mereka merasa mengurangi daya tarik fisiknya. Setiap pria mempunyai selera berbeda-beda terhadap payudara. Ada yang menyukai payudara besar, kecil atau menyukai payudara yang montok. Tetapi, untuk payudara kendor sepertinya tidak ada yang suka.

Tidak boleh sembarangan dalam merawat payudara, karena dibandingkan kulit bagian lain, kulit payudara lebih lembut dan tipis. Merawat payudara butuh perhatian dan perlakuan khusus, hampir sama dengan merawat kulit wajah.

Baca juga :   Penyebab Kanker Payudara

Salah satu perawatan payudara dapat dengan memijat payudara dengan menggunakan lotion tertentu, Anda juga dapat menggunakan lotion yang mengandung minyak esensial seperti neroli atau mengandung lavender. Penggunaan minyak yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat menimbulkan iritasi pada kulit payudara dan diharapkan Anda jangan pernah menggunakannya.

Anda juga dapat menggunakan masker payudara untuk perawatan. Di toko-toko swalayan, toserba atau di gerai kosmetik Anda dapat menemukan masker payudara. Penggunaan masker payudara yang baik adalah yang berbahan dasar tepung beras. Banyak yang sudah mengetahui bahwa tepung beras mempunyai fungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit sehingga sangat cocok sekali untuk payudara Anda. Penggunaan masker payudara ini sekali seminggu dan dilakukan rutin kurang lebih 10 minggu.

Banyak wanita yang kurang percaya diri karena memiliki payudara kendor dan melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya. Berikut beberapa metode yang bisa dipakai:

1. Operasi pengencangan (breast lifting surgery)

Di Negara-negara maju seperti Amerika, operasi plastik untuk mengencangkan payudara cukup populer. Pada tahun 2006 di Amerika, sekitar 103.788 wanita menjalani operasi plastik. Di Indonesia sendiri operasi pengencangan payudara banyak ditawarkan oleh klinik-klinik spesialis kecantikan. Yang telah menjalani operasi ini banyak datang dari kalangan selebriti dan kelompok menengah ke atas.

Untuk mengencangkan payudara, ada dua metode operasi plastik yang dapat dilakukan:

– Penarikan kulit. Operasi ini mempunyai tujuan untuk mengurangi kulit berlebih dari bagian bawah payudara atau sekitar areola. Tanpa mempengaruhi jaringan yang ada di dalamnya payudara akan menjadi kencang. Namun. Secara permanen bekas sayatan pembedahan akan terlihat. Bekas sayatan akan semakin terlihat apabila banyak kulit yang ditarik. Di sini ketrampilan ahli bedah sangat berpengaruh terhadap seberapa besar luka yang akan terlihat.

Baca juga :   Tips Menghilangkan Bekas Luka

– Penarikan puting susu. Tujuan dari operasi ini untuk menempatkan puting susu kembali ke tempatnya yang benar. Keuntungan yang diperoleh dari metode ini yaitu bekas sayatan tidak terlalu terlihat. Walaupun hasilnya payudara tidak terlalu kencang, bila dibandingkan dengan metode penarikan kulit. Metode ini dapat membuat areola tidak sebundar sebelumnya. Untuk membuat payudara menjadi indah tidak hanya dilakukan melalui operasi pengencangan saja, tetapi biasanya dengan menambahkan implan (breast augmentation surgery). Silicon adalah bahan implan yang paling terkenal. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui metode mana yang tepat untuk Anda.

2. Cara alami

Banyak diiklankan di media masa cara alami untuk mengencangkan payudara. Produknya sendiri sangat beragam, mulai dari bra special, krim oles, suplemen sampai massage.

– Peralatan penguat payudara. Alat ini bentuknya seperti BH elektrik yang dapat memijat payudara sehingga merangsang secara alami pertumbuhan jaringan lunak payudara.

– Krim oles. Krim ini biasanya mengandung fitoestrogen dan zat perangsang lainnya untuk melancarkan sirkulasi darah. Penggunaannya sendiri biasanya dikombinasikan dengan massage dan teknik alami lainnya.

– Suplemen. Pengencang payudara dalam bentuk suplemen ini dapat berbentuk ramuan alami atau kimiawi berbentuk pil, tablet, permen atau jamu.

– Massage. Untuk mengencangkan payudara ada bebrapa teknik massage yang ditawarkan, salah satunya adalah liposase. Liposase merupakan teknik pijat yang intensif dan akurat dalam menyehatkan jaringan lunak tubuh dan tidak terbatas pada payudara.




loading...

Artikel terkait Cara Mengencangkan Payudara