Home » Penyakit dan Terapi » Wanita » Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid



Haid atau menstruasi pada wanita merupakan proses alami siklus reproduksi yang terjadi sekitar setiap 28 hari. namum karena berbagai hal siklus ini bisa saja tidak teratur, bisa terlambat, atau datang lebih awal dari bulan sebelumnya. Hal ini tidak dapat dipastikan karena berhubungan dengan banyak faktor.

nyeri menstruasiSaat peluruhan sel telur dan dinding rahim inilah sering terjadi rasa sakit dengan intensitas beragam mulai dari ringan sampai dengan rasa sakit luar biasa hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, baik karena suatu penyakit (misalnya radang panggul), endometriosis, tumor atau posisi abnormal rahim, dan stres atau kecemasan yang berlebihan. Namun, penyebab tersering nyeri haid diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh.

Konsumsi makanan sehat, makanan yang tinggi kalsium, dan ditambah asupan zat besi selama menstruasi. Jika rasa sakit sangat parah, Anda dapat mengambil obat penghilang rasa sakit atau suplemen yang sesuai.

Hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung lemak jenuh, gula sederhana, maupun kafein, seperti kopi, teh, cokelat, dan soda.

Cobalah berolahraga, latihan kardio secara teratur karena bermanfaat untuk tubuh Anda. Pilih olahraga ringan seperti joging dan aerobik low impact. Hal ini akan membantu aliran darah ke otot sekitar rahim sehingga dapat meredakan nyeri.

Beberapa tips yang dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi nyeri haid, antara lain:

1. Mandi dengan air hangat.

Cara lain yang dapat Anda lakukan, gunakan bantalan pemanas, kompres handuk atau botol yang diisi dengan menggunakan air hangat. Kemudian tempatkan di perut dan punggung bawah. Juga minum minuman hangat. Ini akan membantu tubuh anda lebih rileks dan melancarkan peredaran darah.

2. Tidur dan istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Beberapa wanita mencapai keringanan rasa sakit melalui olahraga, yang tidak hanya mengurangi stres tapi juga meningkatkan produksi endorfin otak, penawar sakit alami tubuh.

3. Hindari minuman dingin.

Menggantinya dengan minuman hangat dan mengandung kalsium yang tinggi. seperti susu hangat.

4. Sebagai tambahan, aroma terapi dan pemijatan juga dapat mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan saat haid.

Pijat menggunakan jari telunjuk pada perut bagian bawah akan membantu mengurangi nyeri haid. Bernapaslah dalam dan perlahan untuk relaksasi. Mendengarkan musik, membaca buku, menonton tv atau film juga dapat membantu sebagai pengalih rasa sakit.

5. Hindari memakai pakaian ketat sebelum atau selama menstruasi.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu mengatasi nyeri haid yang anda alami




loading...

Artikel terkait Cara Mengatasi Nyeri Haid