Tips Cara Mengatasi Mual Menjelang Haid atau Menstruasi



Tips Cara Mengatasi Mual Menjelang Haid | Menstruasi atau haid adalah sebuah proses keluarnya darah dari dlm rahim wanita yg terjadi karena luruhnya lapisan dari dinding rahim pd bagian dalam yg banyak mengandung pembuluh darah serta sel telur yg tidak dibuahi. Semua wanita yg normal tentunya akan mengalami proses tersebut. Dan sebelum terjadinya masa haid, akan terdapat beberapa gejala haid yg akan dirasakan setiap wanita.
cara mengatasi mual menjelang haid
Dan beberapa gejala tersebut diantaranya ialah merasa nafsu makan menjadi berkurang, dalam menjalani aktivitas terasa kurang bersemangat, dan terkadang juga akan merasakan mual. Dan gejala akan haid itu memang akan terasa kurang mengenakan atau membuat para wanita merasa kurang nyaman. Namun hal – hal tersebut memanglah wajar bagi setiap wanita yg akan menjelang masa haid.

Terutama rasa mual yg dialami menjelang haid, hal tersebut dikarenakan terdapat perubahan hormon, pola makan yg kurang seimbang, sehingga hal tersebut dapat memicu stres dan menjadikan muncul rasa mual menjelang haid. Dan hal tersebut akan bertambah semakin para ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg asin serta kafein. Sehingga usahakan untuk menghindari kedua zat makanan tersebut ketika akan menjelang haid.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi mual menjelang haid tersebut. Adapun bagi anda yg kiranya sering merasa mual menjelang haid, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat terlebih dulu pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi mual menjelang haid. Siapa tahu saja pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi mual menjelang haid itu dapat membantu anda-anda sekalian.

Baca juga :   Atasi Kerutan Pada Wajah dan Penuaan Dini

Cara Mengatasi Mual Menjelang Haid atau Menstruasi

Minum Air Jahe Hangat

Jahe sendiri memiliki kandungan anti inflamasi serta antispasmodik, sehingga jahe dipercaya dapat membantu untuk mengatasi rasa mual serta gejala haid. Caranya ialah dengan meminum rebusan air jahe selagi hangat secara rutin ketika akan menjelang haid sampai rasa mualnya terasa hilang.

Mengkonsumsi Vitamin B6

Solusi untuk mengatasi mual menjelang haid berikutnya ialah dengan mengkonsumsi suplemen yg banyak mengandung vitamin B6, atau bisa juga mengkonsumsi makanan-makanan yg banyak mengandung vitamin B6. Hanya saja pada saat kita mengkonsumsi suplemen yg mengandung vitamin B6, jangan sampai kita mengkonsumsi suplemen tersebut sampai melebihi dosis 100 mg. Karena dikhawatirkan akan terjadi efek samping yg dapat muncul.

Hindari Makanan Berminyak dan Lemak

Makanan yg banyak mengandung lemak itu cukup sulit untuk dicerna atau membutuhkan waktu yg lama utk mencernanya, dan hal tersebut juga salah satu penyebab rasa mual menjelang haid. Sehingga akan lebih baik apabila kita menghindari makanan-makanan yg banyak mengandung lemak ataupun minyak ketika kita menjelang haid.

Baca juga :   Penyebab Kanker Payudara

Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi mual menjelang haid yg terakhir ialah dengan cara mengkompres area perut dengan menggunakna air hangat. Jika anda tidak memiliki alat khusus untuk mengkompres, maka anda dapat menggunakan bolot minuman dari kaca yg diisi dengan air hangat. Kemudian tempelkan atau kompres pada bagian perut hingga beberapa menit, dengan sendirinya rasa mual tersebut akan menghilang.

Dan bagi anda yg mungkin sudah melakukan cara mengatasi mual menjelang haid diatas tadi itu tapi rasa mual yg anda rasakan masih belum juga hilang, maka sebaiknya anda sesegera mungkin menghubungi dokter. Dengan demikian anda akan mendapatkan penanganan yg sesuai dengan yg sedang anda rasakan. Dengan ini, selesai sudah untuk infromasi tentang Tips Cara Mengatasi Mual Menjelang Haid atau Menstruasi, semoga saja infromasi dari kami tersebut dapat membantu anda-anda sekalian para ladies yg sering merasa mual menjelang haid. Selain itu, anda bisa baca juga cara mengurangi nyeri haid.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *