Home » Tips Sehat » Cara Mengatasi Mata Lelah

Cara Mengatasi Mata Lelah



mata lelahMata lelah paling terjadi pada orang kantoran atau pada orang yang sering menghadapi layar monitor, membaca buku, menyetir, melihat mikroskop, pelukis atau pekerjaan-pekerjaan sejenisnya. Melihat pada satu tempat secara terus menerus dengan konsentrasi tinggi membuat mata lebih jarang berkedip dan otot-otot disekitar mata mejadi lebih tegang. Biasanya ketegangan otot disekitar mata ini juga disertai dengan ketegangan otot-otot lainnya seperti kepala, leher, pundak dan punggung.

Lalu bagaimana cara mengatasi kelelahan pada mata? Jawabannya sebenarnya sederhana: istirahat! Tetapi istirahat ini seringkali diabaikan dan dilupakan bahkan setelah tubuh memberikan â??tanda peringatanâ?. Kita sering menunda istirahat karena sedang asik dengan yang kita kerjakan atau karena sedang tanggung, atau karena dikejar deadline meskipun mata sudah mulai pegal. Mengabaikan tanda peringatan ini tidak jarang dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Berikut ini adalah strategi untuk mengurangi mata lelah:

1. istirahat 1-10 menit setiap jam. Alihkan pandangan ke obyek lain yang lebih jauh supaya otot mata sedikit lebih rileks. Lebih bagus lagi kalau berdiri meninggalkan tempat duduk untuk berjalan-jalan untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot tubuh.

2. Banyak-banyaklah berkedip. Orang yang membaca, melihat TV, memperhatkan layar komputer matanya akan lebih jarang berkedip sehingga lebih kering dan tidak nyaman.

3. Atur layar komputer dan gadget

semakin cerah layar kita lihat mata kita akan semakin mudah lelah. Redupkan cahaya layar monitor dan kontrasnya tetapi harus masih tetap nyaman dan jelas untuk dilihat. Tempatkan monitor jauh dari jendela supaya tidak terlalu banyak cahaya masuk ke mata anda. Ada juga yang mengakalinya dengan menggunakan kaca mata gelap meskipun ada didalam ruangan.

Posisi monitor yang baik minimal berjarak 50 cm dari mata. Semakin jauh semakin baik tetapi harus masih jelas dibaca. Ketinggian monitor harus dibawah mata dengan sudut 10-20 derajat.

4. Cobalah untuk rileks dan olahraga ringan. Ini sangat membantu untuk melepaskan ketegangan otot karena mempertahankan suatu posisi dalam waktu lama. Khusus untuk mata, cobalah untuk menutup mata selama beberapa puluh detik sambil metutup menggunakan kedua tangan, tidak hanya menutup mata saja tetapi juga seluruh wajah. Ini akan membuat mata anda sedikit lebih rileks dan hangat dalam waktu singkat.

5. Bila anda duduk dekat jendela, kipas angin atau AC sebaiknya kurangi agar mata tidak terlalu banyak terkena aliran udara untuk menghindari kekeringan berlebihan pada mata. Jangan lupa tetap mengkonsumsi banyak air supaya produksi air mata tetap lancar.

itu adalah tips-tips sederhana untuk mengatasi mata lelah. Saat ini juga sudah banyak aplikasi-aplikasi komputer yang dibuat untuk mengurangi kelelahan mata. Anda bisa mencobanya juga.

 




loading...

Artikel terkait Cara Mengatasi Mata Lelah

cara mengatasi ketegangan mata. cara mengatasi ketegangan otot mata.