Home » Penyakit dan Terapi » Cara Mengatasi Biduran Pada Anak

Cara Mengatasi Biduran Pada Anak



biduran anakBiduran sering dialami oleh anak-anak. Berdasarkan data medscape 15%-20% orang pernah mengalami sepanjang hidupnya. Pada wanita kejadiannya sedikit lebih sering dibandingkan laki-laki yakni 60% dari total kejadian.

Biduren atau urtikaria akut ini merupakan suatu reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu seperti hewan, makanan dan obat-obatan. Gejalanya berupa kemerahan di kulit, gatal, membengkak dan bisa melebar keseluruh tubuh. Gatal kemerahan ini bisa berlangsung selama beberapa jam sampai berminggu-minggu tergantung tingkat keparahannya. Umumnya biduran tidak berbahaya dan menghilang dengan tidak meninggalkan bekas dalam waktu kurang dari 24 jam.

Makanan yang sering menyebabkan biduran misalnya kacang, coklat, ikan, sotong, udang, tomat, telur, kedelai, gandum, dan susu. Sedangkan hewan yang sering menyebabkan alergi misalnya ulat dan serangga. Obat yang sering menyebabkan reaksi alergi diantaranya√ā¬†aspirin, obat anti-inflamasi (OAINS, seperti ibuprofen), obat tekanan darah tinggi (ACE inhibitor), atau obat penghilang rasa sakit seperti kodein. Perubahan udara yang terlalu drastis seperti pada saat perubahan musim juga bisa menyebabkan gatal-gatal biduran.

Baca juga :   Obat Tradisional Sakit Gigi

Cara mengatasi biduran

Pertolongan pertama pada anak yang biduran dengan menghindari pemicunya, jadi orang tua harus berusaha mengenali bahan-bahan penyebab alergi sehingga bisa dihindari di masa mendatang. Pada anak yang lebih besar biasanya mereka menggaruk bentolan di kulit mereka, jangan biarkan anak menggaruk terlalu keras karena ini bisa menyebabkan luka yang berpotensi menimbulkan luka bekas garukan yang kemudian berpotensi terkena infeksi sekunder.

Untuk mengurangi gatal taburkan bedak dingin yang banyak tersedia ditoko-toko yang mengandung calamin dan anti-histamin. Histamin adalah zat kimia yang dilepaskan tubuh sebagai respon dari masuknya benda asing kedalam tubuh (alergen). Histamin mempunyai berbagai efek terhadap tubuh seperti gatal, bentol, bengkak, sesak nafas (pada penderita asma), batuk, dll. pemakaian bedak yang mengandung anti-histamin akan mengurangi gejala seperti rasa gatal, kemerahan dan bentol-bentol.

Kebanyakan biduran ringan akan hilang dengan sendirinya tetapi jika agak berat dan mengkhawatirkan bisa dibawa ke dokter. Untuk memastikan penyebab alergi ini dokter biasanya akan melakukan tes kulit (prick test) yaitu dengan memberikan sedikit goresan jarum yang telah diberi bahan alergen kemudian bahan yang menimbulkan reaksi alergi akan dberitahukan untuk dihindari dimasa mendatang.

Baca juga :   6 Cara Untuk Meredakan Sakit Punggung

Obat yang diberikan bisa jenis anti-histamin atau kadang kortikosteroid. Kemudian orang tua bisa mengusahakan meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan makanan bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup.




loading...

Artikel terkait Cara Mengatasi Biduran Pada Anak

obat biduran pada anak. cara mengobati biduran pada anak. obat giduan pada anak. obat biduran anak. biduran pada anak. obat biduran alami untuk anak. obat biduran untuk anak.