Cara Mengatasi Bau Kaki



kakiBau kaki bisa menimpa siapa saja yang bisa membuat minder. Bau kaki adalah masalah aroma tak sedap pada kaki yang umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam sepatu, yang masuk lewat kulit.

Bau kaki bisa terjadi saat kita baru saja melepaskan sepatu. Aroma tak enak dari dalam sepatu dengan mudah menyebar. Bau kaki tersebutl bisa kita atasi dengan cara yang mudah. Berikut cara-cara yang bisa lakukan untuk mengatasi bau kaki.

  1. Menggunakan Antiperspirant pada telapak kaki. Antiperspirant adalah kosmetik yang digunakan untuk mempersempit pori-pori sehingga mengurangi keluarnya keringat. Penggunaan  antiperspirant t pada telapak kaki berfungsi untuk memblok saluran yang menuju ke kelenjar keringat. Sehingga, dapat mencegah keringat mencapai kulit dan membantu mengurangi bau.
  2.  Mencuci kaki dengan air dan baking soda. Tambahkan baking soda pada air untuk mencuci kaki. Baking soda tidak mengurangi keringat, tetapi berfungsi untuk mengurangi bau yang dihasilkan oleh kaki. Baking soda juga bisa ditambahkan pada air untuk mencuci sepatu dan kaos kaki.
  3. Mengkonsumsi suplemen Zinc dan Magnesium. Munculnya bau kaki bisa disebabkan kekurangan mineral seperti zinc dan magnesium. Kita dapat meningkatkan zinc dengan mengkonsumsi daging sapi, salmon, dan yoghurt. Sedangkan sumber magnesium dapat kita peroleh dari beras merah, kacang hitam, dan kacang almond.
  4. Memakai kaus kaki berbahan katun. Gunakan kaus saat memakai sepatu. Kaus kaki dapat menyerap keringat dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam sepatu. Kaus kaki yang terbuat dari bahan katun atau wol adalah pilihan yang terbaik, karena kedua bahan ini mampu menyerap keringat lebih baik .
  5.  Memasukan kertas pengering ke dalam sepatu. Menempatkan kertas pengering adalam sepatu dapat membantu menghilangkan bau tak sedap yang dikeluarkan kaki.
  6. Melumuri kaki dengan tepung maizena. Lumurkan tepung maizena pada kaki sebelum menggunakan kaos kaki. Tepung mizena ini dapat membantu menyerap keringat penyebab bau kaki.
  7. Sering mengganti sepatu. Jangan menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sebaiknya gunakan sepatu yang berbeda dalam dua hari berturutan. Hal ini akan memberi waktu bagi sepatu untuk kering dalam waktu 24 jam.
  8. Memakai sandal yang terbuka. Menggunakan sandal atau sepatu yang terbuka pada ujung sepatu ketika cuaca lagi panas dapat membantu kulit tetap kering. Dan biasakan telanjang kaki pada saat di rumah.



Cara Mengatasi Bau Kaki | mysite | 4.5