Home » Penyakit dan Terapi » Tips Sehat » Cara Mencegah Flu

Cara Mencegah Flu



cegah fluTidak ada orang yang ingin terkena flu, penyakit yang populer di seluruh penjuru dunia ini sering menghambat kegiatan sehari-hari dengan gejala pilek, bersin-bersin dan hidung gatal yang kadang menyebalkan. Lalu apa yang harus dilakukan supaya tidak terkena flu terutama pada saat musim flu? Tentu saja tindakan pencegahan, berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk mencegah flu

1. Cuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun tidak hanya dapat mencegah flu biasa tetapi juga mencegah berbagai macam penyakit seperti SARS, diare, flu burung. Untuk membersihkan kuman, virus dan kotoran memang idealnya menggunakan sabun tetapi kalau tidak ada sabun bisa juga menggunakan cairan antiseptik atau cuci tangan dengan air saja juga cukup jika memang tidak ada sabun atau antiseptik yang penting kegiatan cuci tangan harus dibudayakan terlebih dahulu.

2. Buat agar hidung dan sinus tetap lega dan bersih

Buat agar udara dirumah tetap bersih dan Kalau hidung mulai tersumbat minum minuman hangat atau hirup uap hangat agar hidung menjadi lebih lega kembali. Minuman hangat yang direkomendasikan yaitu teh hijau.

3. Tetaplah aktif

Orang yang menghabiskan waktuya untuk duduk atau tiduran lebih sering sakit daripada orang yang aktif bergerak. Olahraga tidak harus yang berat-berat, kalau ke toko seberang jalan biasanya kita menggunakan sepeda motor cobalah untuk berjalan. Terlalu lama duduk juga tidak baik meskipun pekerjaan anda menuntut untuk lama duduk dibelakang meja tetapi tetap usahakan sesering mungkin untuk bergerak.

4. Makan makanan yang memperkuat sistem imun

Saat pergantian musim biasanya kondisi tubuh menurun sehingga banyak orang-orang yang terkena flu, supaya anda tidak ikut tertular salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh misalnya vitamin C dan antioksidan.

5. Banyak minum air putih

Air putih selain melembabkan hidung juga mengencerkan lendir yang terlalu tebal sehingga mudah dikeluarkan. Cairan juga diperlukan untuk menjaga berbagai proses dalam tubuh supaya berjalan dengan baik.

6. Kurangi merokok

Statistik menunjukan bahwa perokok berat lebih mudah menderita flu dan berbagai gangguan pernafasan parah. Racun-racun dalam asap rokok juga dapat menurunkan kekebalan tubuh selain itu asap rokok juga bisa membuat rongga hidung menjadi kering.

Saat seorang anggota keluarga terserang flu maka akan lebih mudah menular ke keluarga lainnya jika sistem imun dalam keadaan lemah. Tetap jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan.




loading...

Artikel terkait Cara Mencegah Flu