Cara Memutihkan Gigi



Warna pada gigi menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Banyak diantara kita yang mempunyai masalah pada warna gigi. Apakah hal ini dialami oleh Anda? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya noda pada gigi, seperti minuman, makanan, penuaan, alkohol, rokok dan beberapa produk kumur. Tentunya noda ini sangat mengganggu penampilan Anda ketika tersenyum, disamping itu juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Banyak orang yang mengidamkan memiliki gigi putih. Selain menimbulkan rasa percaya diri, gigi putih juga sebagai pesona tersendiri. Pastinya Anda mempunyai keinginan untuk memiliki gigi putih dan juga berkilau. Berikut ada beberapa cara yang dapat dipraktekan untuk memutihkan gigi.

Hindari rokok

â??Dengan merokok menjadi tenangâ? itulah anggapan sebagian perokok. Perlu Anda tahu, mengkonsumsi terlalu banyak rokok sangat merugikan kesehatan. Salah satu kerugiannya adalah kesehatan pada gigi. Rokok adalah penyebab dari kerusakan gigi yang paling buruk. Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok menimbulkan noda cokelat yang dapat menempel di email gigi. Noda yang menempel ini sangat sulit dihilangkan bila hanya memakai sikat gigi. Nikotin akan semakin banyak menempel serta menodai gigi bila Anda semakin banyak merokok. Tidak hanya menimbulkan noda, namun dengan merokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi, kanker mulut dan bau mulut.

Air putih

Dengan mengkonsumsi segelas air maka bagian dalam mulut dapat dibersihkan, dan residu atau sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dapat dibilas. Bila sisa makanan tersebut dibersihkan maka akan terjadi penumpukan sisa makanan di email gigi yang akan membentuk plak.

Baca juga :   Tidur Cukup Dapat Memperpanjang Usia

Jeruk lemon

Gigi dapat menjadi putih dengan menggunakan jus lemon. Lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang berguna untuk memutihkan email gigi. Rutinlah seminggu sekali untuk menyikat gigi menggunakan air jeruk lemon, hal ini berguna untuk memutihkan gigi.

Keju

Keju adalah makanan yang sangat kaya dengan kalsium, kandungan kalsium sangat baik dalam menjaga keputihan gigi.

Daun mint

Daun mint berguna dalam memproduksi air liur, Anda dapat mengunyah daun mint, daun sage, maupun daun salam. Daun-daun tersebut berguna untuk menyegarkan nafas, membersihkan gigi serta rongga mulut.

Kacang almond

Almond adalah makanan yang mempunyai sifat alkali. Makanan ini berguna untuk melindungi enamel gigi. Makanan lain yang mempunyai sifat alkali, diantaranya sayuran, buah-buahan, dan kentang.

Susu

Minuman susu adalah minuman yang kaya akan dengan kalsium. Sama halnya dengan keju, susu juga baik dalam menjaga keputihan gigi.

Produk pemutih gigi

Sekarang ini di pasaran banyak sekali beredar produk pemutih gigi. Produk ini menjanjikan bisa memutihkan gigi, tapi malah warna gigi semakin tidak karuan. Sangat sulit untuk dihilangkan noda yang telah menempel di gigi. Membutuhkan bantuan dari dokter gigi untuk menghilangkan nodanya.

Baca juga :   Fantastisnya Vitamin D

Cegah penodaan pada gigi

Seiring dengan bertambahnya usia maka pengikisan akan terjadi di bagian luar email gigi. Warna yang lebih kuning cenderung berada di lapisan bawah email. Faktor penyebab yang menimbulkan noda pada gigi sangat perlu untuk Anda hindari. Perhatikanlah makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Mungkin kebiasaan Anda tidak perlu dihilangkan, namun Anda hanya perlu membiasakan diri untuk berkumur dan menyikat menggunakan air putih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman.

Gunakan resep dari leluhur

Seringkali para leluhur kita atau orangtua kita menganjurkan untuk mengkonsumsi apel, wortel, pir, dan seledri. Kebiasaan tersebut ternyata bisa memicu produksi air liur atau saliva yang berguna untuk menghilangkan kotoran pada gigi. Untuk meningkatkan saliva juga dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula. Gigi sangat membutuhkan air liur, karena air liur berguna untuk menetralkan asam yang dapat menimbulkan gigi berlubang.

Lakukanlah perawatan setiap hari

Menggosok gigi secara rutin setiap hari merupakan cara yang sangat mudah untuk merawat gigi. Lakukanlah rutin 2 kali sehari dan sekali dalam sehari perlu melakukan flossing. Dengan menyikat gigi sangat membantu untuk mencegah timbulnya noda, selain itu juga mencegah terjadinya proses penguningan gigi. Lakukan juga pembersihan dan pemeriksaan gigi secara rutin pada dokter gigi.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *