Home » Tips Sehat » Cara Membersihkan Tungau Penyebab Alergi

Cara Membersihkan Tungau Penyebab Alergi



tungau debuSalah satu penyebab bersin di pagi hari karena adanya tungau debu di permukaan kasur dan bantal yang menyebabkan alergi. Selain di kasur dan bantal, tungau juga senang berada di sofa karpet dan tempat-tempat lembab yang terlindung.

Sebelum membahas bagaimana cara membasmi tungau peyebab alergi ada baiknya kita mengenal hewan ini dulu. Tungau debu adalah hewan berkaki delapan yang suka hidup di tempat-tempat lembab dan hangat. Mereka menyukai kelembaban antara 75%-80% dengan suhu 21 derejat celcius atau lebih hangat. Tungau tidak bisa bertahan pada udara yang terlalu dingin atau terlalu kering.

Makanan kesukaan tungau debu yakni serpihan kulit mati dari manusia dan hewan. Serpihan ini biasanya tertinggal pada karpet, sofa, pakaian, kasur dan bantal. Secara tidak sadar setiap orang membuang serpihan kulit mati kurang lebih 1,5 gram/hari. Jumlah ini cukup untuk dimakan oleh satu juta tungau debu.

Yang menyebabkan reaksi alergi bukanlah hewan ini tetapi protein yang ada pada kotorannya. Reaksi alergi yang ditimbulkannya bisa berupa rhinitis (pilek, gatal,bersin-bersin)  dan asma, paling sering terjadi pada anak-anak.

Ada beberapa cara untuk membersihkan dan menghambat perkembangan tungau di dalam rumah.

– Gunakan bantal diisi dengan serat poliester bukan kapas atau bulu.

– Cuci semua peralatan di tempat tidur dengan air panas termasuk sprei, sarung bantal, sarung guling dan benda benda yang berpotensi sebagai tempat hidup tungau.

– Dulu orang tua sering menjemur kasur dan memukul-mukulnya, cara ini bisa dilakukan karena tungau tidak tahan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

– Cuci gorden dengan air panas seminggu sekali.

– Kurangi karpet atau cuci dengan air panas secara berkala.

– Rajin membersihkan lantai dan permukaan benda pajangan dan furniture dengan lap basah

– Kurangi lukisan dinding, letakkan buku pada satu tempat khusus buku yang sebisa mungkin tidak didalam kamar, kurangi memajang boneka binatang, mainan lunak, dan benda-benda “kolektor debu” lainnya.

– Saat membeli AC atau penyedot debu (vacum cleaner) pertimbangkan untuk membeli yang memiliki filter HEPA. dan bersihkan saringannya secara berkala.

– Gunakan AC atau dehumidifier untuk menciptakan kelembaban yang lebih rendah. Kelembaban yang tinggi memicu pertumbuhan tungau debu.

– Sekarang walaupun masih jarang ada alat-alat elektronik dan bahan kimia yang dibuat untuk membasmi tungau debu. Alat elektronik ini mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi yang mengganggu perkembangbiakan tungau. Bahan kimia bisa disemprotkan di permukaan kasur untuk membunuh koloni tungau.




loading...

Artikel terkait Cara Membersihkan Tungau Penyebab Alergi

alergi tungau. cara membunuh tungau. hewan tungau. gatal akibat tungau. penyebab tungau. obat alergi tungau. bau tungau akibat.