Cara Membasmi Tungau Debu



membasmi-tungau-debuTungau merupakan hewan kecil yang mirip dengan kutu. Bedanya, kalau kutu termasuk serangga, kalau tungau memiliki kaki delapan sehingga lebih pas untuk dimasukkan kelompok laba-laba. Baik tungau maupun kutu sama-sama hewan yang perlu dibasmi.

Tungau bisa hidup dengan baik di darat dan laut. Ia juga mudah berkembangbiak. Hewan yang satu ini bisa menjadi parasit dimanapun berada seperti perabot rumah tangga, hewan, tumbuhan, dan manusia. Kali ini, kita akan membahas cara membasmi tungai yang hidup di alat rumah tangga seperti kasur dan karpet.

Tungau yang biasa berada di tempat tidur, sofa, dan karpet disebut dengan tungau debu atau bahasa latinnya dermatophagoides pteronyssinus. Ukurannya hanya 0,5 mm sehingga tak kasat mata. Namun, kehadiran tungau ini bisa dirasakan, misalnya dengan bentol-bentol setelah bangun tidur, gatal-gatal, atau merasa sesak nafas dan timbul alergi.

Tungau debu ini merupakan pemicu utama berbagai macam alergi. Hal ini disebabkan ia mengeluarkan enzim protease bersamaan dengan kotoran yang tentu mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, diharap berhati-hati terhadap tungau tersebut.

Makanan tungau yang hidup di pemukiman manusia adalah kulit manusia yang mengelupas atau sisa-sisa materi organik lainnya. Pada saat tidur, manusia akan mengeluarkan keringat, minyak dan sel kulit mati lebih banyak sehingga tungau senang. Bersamaan dengan itu tungau tersebut akan mengeluarkan kotoran yang menjadi satu dengan debu. Debu yang bercampur kotoran tungau itulah yang menyebabkan alergi.

Cara Membasmi Tungau
Untuk membasmi tungau bukan hal yang sulit, yaitu dengan cara membersihkannya. Ya, kebersihan memang menjadi faktor utama dalam perkembangan tungau. Usahakan bersihkan sofa, karpet, dan kasur Anda minimal dua minggu sekali. Angkat semua sprei, sarung bantal dan guling kemudian cuci dengan menggunakan air panas yang telah dicampur deterjen. Setelah itu jemur di tempat yang panas hingga kering.

Bila kasur, sofa dan karpet Anda sudah sangat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru karena tungau telah berkembang sangat banyak di tempat tersebut. Membersihkan barang yang demikian tidak akan mampu memberastas tungau.
Hal lain yang perlu selalu diperhatikan adalah temperatur ruangan. Segala jenis hewan parasit menyukai tempat yang lembab. Perhatikan ventilasi rumah agar cahaya matahari bisa masuk dengan optimal. Panas matahari akan menekan perkembangbiakan tungau.

Terakhir adalah dengan menjemur kasur dan sofa secara berkala. Jangan biarkan sofa dan tempat tidur Anda terus-menerus berada di ruangan. Tentu, jemur kasur dan sofa saat matahari terik atau musim panas tiba.
Bila tanda-tanda tungau masih ada seperti serangan alergi pada anak-anak atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba menderita asma, sebaiknya bersihkan seluruh rumah beserta isinya dengan antiseptik agar tungau-tungau dapat dibasmi.




Cara Membasmi Tungau Debu | mysite | 4.5