Home » Info Kesehatan » Cara Membasmi Jentik Nyamuk Dengan Biji Pepaya

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Dengan Biji Pepaya



manfaat biji pepayaPeralihan musim dari penghujan menjadi kemarau atau sebaliknya membuat jentik nyamuk semakin banyak berkembang. Limbah biji pepaya yang biasanya dibuang ternyata bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah untuk membasmi jentik nyamuk.

Hasil penelitian Irna Jelita ES dan Yahinsta devi asal SMA kesatuang bangsa Yogyakarta diikutkan pada Sagasitas Reasearch Exhibition 2013.

Sebelumnya para siswa ini ingin memanfaatkan biji pepayauntuk mempercepat pembungaan tanaman mawar. Dari informasi yang mereka dapat, biji pepaya mengandung giberelin (hormon tumbuhan yang salah satu fungsinya dapat mempercepat pembungaan).

Namun setelah biji pepaya diterapkan pada bunga mawar, baru sehari tanaman mawar yang dijadikan percobaan langsung mati. Dari penggalian informasi lebih lanjut ternyata biji pepaya memiliki metabolit sekunder yang bersifat toksik/beracun. kemudian mereka memtutuskan untuk banting setir. Namun masih memanfaatkan biji pepaya dalam penelitiannya.

Sifat toksik ini dicobakan pada jentik nyamuk yaitu sebagai pembasmi jentik. Caranya dengan mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan dicampur denga tawas halus dengan perbandingan tawas dan biji pepaya 1:2

Baca juga :   Pilihlah Obat Penurun Panas yang Tepat Untuk Penderita DBD

Campuran tersebut dikemas dalam kain kasa dan direndam dalam air yang banyak mengandung jentik nyamuk. Percobaan ini berhasil meskipun mereka baru melakukan percobaan seminggu lalu.

dari sepucuk sendok tawas dan dua pucuk sendok biji pepaya dapat mematikan jentik nyamuk dalam gelas dalam waktu hanya sehari.

Selain bisa membunuh jentik nyamuk ternyata biji pepaya juga bisa berfungsi sebagai obat cacing. Caranya dengan memakan setengah sendok teh biji pepaya kering atau basah sebelum makan. Bila terlalu pahit dapat dicampur dengan gula atau madu.

Tidak sampai disitu saja biji pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan uban. Caranya cukup mudah, sangrai biji pepaya sampai kering, campur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada rambut sampai rata, bungkus dengan handuk dan biarkan selama kurang lebih dua jam kemudian bilas sampai bersih. Lakukan sekali seminggu selama tiga bulan supaya uban benar-benar hilang.




loading...

Artikel terkait Cara Membasmi Jentik Nyamuk Dengan Biji Pepaya

membunuh jentik nyamuk dengan garam. membunuh jentik nyamuk. tanaman untuk membunuh jentik. cara matiin bintik nyamuk. cara membasmi jentik. cara membunuh jentik nyamuk dalam kubangan air. cara nembasmi jentik nyamuk.