Home » Tips Sehat » Cara Lain Mencegah Nyamuk Demam Berdarah

Cara Lain Mencegah Nyamuk Demam Berdarah



cegah nyamuk demam berdarahDisaat kita dihadapi dengan permasalahan perubahan cuaca yang tidak menentu, maka ketakutan yang paling kita rasakan adalah penyakit apa lagi di saat musim hujan. Ketika musim hujan tiba, banyak sekali faktor-faktor penyebab penyakit yang menghampiri kita seperti flu, demam, hingga meriang yang diakibatkan oleh cuaca yang dingin secara terus menerus.

Di sisi lain nya, hujan yang intensitasnya terlalu lama atau pada saat perubahan musim dapat menyebabkan genangan air menjadi banyak sehingga menjadi peluang bagi nyamuk untuk bersarang. Tempat-tempat yang terbuka yang dipenuhi dengan genangan air akan menjadi sarang nyamuk dan kemudian nyamuk tersebut akan bertelur yang akan menjadi bakal calon nyamuk.

Dari permasalahan inilah timbul penyakit demam berdarah, cikungunya, filariasis, malaria dan penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk tersebut. Untuk itu sudah wajar bagi kita untuk selalu waspada disaat musim hujan tiba dengan melakukan langkah 3M guna mencegah nyamuk demam berdarah dan nyamuk jenis lainnya.

Namun pada kehidupan yang serba moderen yang serba instan ini banyak orang yang sudah mulai tidak memperdulikan bahayanya demam berdarah dengan tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan lingkungan mereka karena yang mereka pikirkan adalah tempat tinggal mereka sudah jauh lebih aman dari serangan nyamuk demam berdarah tersebut.

Ternyata asumsi tersebut tidak benar. Walaupun anda tinggal di lingkungan bersih jentik nyamuk tetapi tak bisa lepas dari ancaman demam berdarah karena nyamuk bisa terbang dari rumah tetangga kerumah anda, belum lagi kita juga mungkin datang ke tempat-tempat dimana nyamuk dapat berkembang dengan baik. Untuk itu penting bagi kita utuk terus menjaga agar pertumbuhan nyamuk aedes aegypti dapat di tekan seminimal mungkin. Selain dengan cara 3M tersebut, berikut adalah cara-cara yang ampuh lainnya yang dapat mencegah pertumbuhan nyamuk demam berdarah di rumah anda.

1 . Cobalah menanam tanaman anti nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk, misalnya bunga lafender, jeruk, geranium, serai, zodia dan beberapa tanaman lainnya. Letakan tanaman tersebut mengelilingi rumah atau dekat dengan jendela kamar dan pintu.

2. Biarkan sinar matahari masuk ke ruangan.

Nyamuk adalah hewan yang suka kelembaban dan tempat gelap. Dengan membiarkan sinar matahari masuk kedalam ruangan selain mencegah perkembangan bakteri berlebihan dalam ruangan juga mengusir nyamuk.

3 Bersihkan selalu sela-sela gorden dan kain-kain yang menumpuk di rumah

Kain yang tidak sering dijamah oleh kita (contohnya seperti gorden, baju yang digantung dibelakang pintu, dll) berpotensi menjadi tempat bertenggernya atau tempat bersembunyi nya nyamuk karena nyamuk suka tinggal di tempat yang lembab dan gelap. Untuk itu selalu bersihkan sela-sela kain gorden di rumah dan jangan terlalu lama menumpuk sebuah kain di dalam rumah agar nyamuk tidak bersarang disana.

4 lakukan penyemprotan rutin

Jika memungkinkan, maka lakukan penyemprotan nyamuk secara rutin dirumah anda. Namun jangan lakukan ketika anda sedang berkumpul bersama keluarga karena akan mengganggu kenyamanan dan berpotensi mengganggu kesehatan. Dan juga jangan menyemprot benda-benda yang sering kita gunakan seperti baju, bantal, alat-alat makan, dan lain sebagainya karena racun didalam pestisida tersebut akan terserap dan berakibat fatal jika terkonsumsi secara jangka panjang oleh tubuh.

Nah, mungkin inilah pencegahan-pencegahan yang dapat anda lakukan agar anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit demam berdarah tersebut. Intinya adalah selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal anda agar tidak mudah terserang penyakit.




loading...

Artikel terkait Cara Lain Mencegah Nyamuk Demam Berdarah

cara mengusir nyamuk dbd. cara mencegah nyamuk bersarang. tips menghindari nyamuk demam berdarah. cara mencegah demam berdarah di sekolah. cara mencegah nyamuk dbd. cara mencegah nymuk db. cara mencegah pertumbuhan nyamuk.