Home » Tips Sehat » Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah



flekSalah satu masalah yang mengganggu penampilan dan rasa percaya diri adalah timbulnya flek hitam pada wajah. Hal ini sangat mengganggu karena bintik-bintik hitam pada wajah akan terlihat seperti noda sehingga wajah terlihat tidak bersih dan tidak segar.

Flek terjadi karena terjadi perubahan pigmentasi pada kulit wajah. Pigmentasi kulit bisa terjadi pada banyak tubuh terutama pada bagian wajah karena paparan sinar matahari yang secara langsung mengenai wajah.

Pigmentasi atau flek bisa muncul karena sisa bekas jerawat, penggunaan obat antibiotik, antiepilepsi serta antiperadangan. Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat juga bisa menimbulkan flek pada wajah. Kerena, bila kosmetik tersebut dipakai secara terus menerus akan menimbulkan kulit akan sangat peka terhadap sengatan matahari.

Menghilangkan flek pada wajah bukan perkara yang gampang. Perlu perawatan yang rutin agar flek bisa hilang. Berikut adalah cara menghilangkan flek dengan bahan-bahan alami:

1. Semangka. Semangka mengandung air, serat, dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk menetralisir kerusakan kulit akibat sinar matahari juga menyegarkan kulit. Caranya, blender daging semangka secukupnya. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Selanjutkan bersihkan wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

Baca juga :   Tips Ngemil Sehat

2. Masker bengkuang. Pada dasarnya bengkuang dapat menyamarkan flek hitam dengan mengangkat kulit yang sudah mati. Caranya, parut bengkuang yang telah dikupas dan dibersihkan. Kemudian, peras dan ambil sari patinya. Gunakan sari pati tersebut untuk masker, bubuhkan pada wajah hingga kering. Bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

3. Biji asam. Caranya, hancurkan biji asam dan campur dengan minyak zaitun. Kemudian gunakan sebagai masker.

4. Irisan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat mengangkat kulit yang telah mati. Caranya, irislah jeruk nipis menjadi tipis-tipis bundar. Tutupkan jeruk nipis tersebut ke seluruh permukaan wajah, dan diamkan hingga kering. Lalu bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

5. Air teh. Teh mengandung antioksidan yang dapat menghabat penuaan dini. Selain itu teh juga mengandung tanin yang dapat menangani kulit akibat panas matahari, mengencangkan bibir, melakukan perawatan wajah juga menghitamkan rabut. Caranya, gunakan rendaman air teh yang sudah dingin untuk membasuh muka.

Baca juga :   Cara Meninggikan Badan



loading...

Artikel terkait Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah