Home » Makanan dan Minuman » Berbagai Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan



teh hijauSudah lama terdengar berbagai penelitian tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan. Jika diminum secara teratur teh hijau mampu menangkal kanker, penyakit kardiovaskular, mencegah diabetes, mengurangi lemak tubuh, mencegah stroke dan kepikunan.

Minuman dari tah hijau nikmat pada pagi dan sore hari. Karena sifatnya yang menenangkan maka cocok diminum sambil membaca koran, mengobrol atau menonton TV. Berbagai manfaat bisa didapatkan saat meneguk segar dan wanginya teh hijau. Manfaat tersebut antara lain:

Jantung dan Pembuluh darah

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 500 pria dan wanita Jepang, para peneliti menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir teh hijau setiap hari mungkin berhubungan dengan penurunan tingkat keparahan penyakit jantung koroner antara para peserta pria.

Sebuah penelitian di Belanda lebih dari 3.000 pria dan wanita menemukan bahwa teh hijau menurunkan tingkat  penyumbatan pembuluh darah jantung, terutama pada wanita.Teh hijau bersifat dilator (melebarkan) pembuluh darah sehingga mengurangi penyumbatan

Manfaat lainnya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah teh hijau mampu menurunkan kolesterol. Jika level kolesterol jahat rendah lebih sedikit plak lemak yang menempel pada pembuluh darah. Plak ini yang beresiko menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan selain dengan olahraga dan diet juga bisa dibantu dengan minum teh hijau atau ekstraknya. Di Belanda, partisipan yang minum teh hijau tinggi kafein mengalami lebih banyak penurunan berat badan meskipun yang meminum teh dengan kandungan kafein bervariasi tetap mengalami penurunann berat badan.

Para peneliti berspekulasi bahwa ini desebabkan karena kafein berkontribusi dalam oksidasi lemak, itu artinya jika lebih banyak lemak yang dibakar kita juga lebih berenergi.

Menurunkan berat badan dengan dibantu teh hijau sangat aman kecuali jika memiliki penyakit liver. Sebaiknya juga jangan meminum teh dengan obat karena teh bisa mengganggu kinerja beberapa obat.

Bagi Penderita Kanker

Manfaat antioksidan dalam teh hijau berkontribusi menghambat pertumbuhan sel kanker dan mematikan sel yang tumbuh dengan tidak tepat.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang, minum dua gelas teh hijau setiap hari dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini juga bisa dijadikan pencegahan, pada orang yang memiliki resiko kanker misalnya jika anggota keluarga ada yang mengidap kanker maka anggota keluarga lain bisa memanfaatkan antioksidan dalam teh hijau untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Penelitian yang melibatkan hampir 500 wanita Jepang yang mengalami kanker payudara tahap I dan II menunjukan keterkaitan antara konsumsi teh hijau dengan kekambuhan kanker payudara yang lebih rendah

Penelitian yang dilakukan di Cina berhasil ditarik kesimpulan bahwa partisipan yang minum teh hijau memiliki resiko yang menurun terkena kanker kanker prostat, kanker pankreas, kanker kolorektal,kanker perut dan kanker kerongkongan.

Aplikasi manfaat teh hijau untuk kesehatan ini juga sangat luas termasuk untuk kesehatan kulit.




loading...

Artikel terkait Berbagai Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan