Home » Makanan dan Minuman » Beberapa Nutrisi Sederhana Yang Baik Untuk Otak

Beberapa Nutrisi Sederhana Yang Baik Untuk Otak



Otak adalah salah satu organ terpenting kita. Jadi, kita harus selalu menjaga kesehatannya. Salah satu cara agar otak selalu sehat, adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang benar. Untuk menjaga agar otak sehat, tidak perlu biaya terlalu mahal, cukup dengan konsumsi nutrisi sederhana yang akan membuat otak lebih sehat. Dan berikut adalah beberapa nutrisi sederhana yang baik untuk kesehatan otak tersebut.

Beberapa Nutrisi Yang Baik Untuk Otak

1. Konsumsi Air secara Teratur

Kita tahu bahwa otak kita terdiri dari 80 % air, maka kita harus selalu menjaga cairan dalam otak. Bahkan, dehidrasi yang ringan, bisa saja menyebabkan peningkatan hormon stres, yang bisa merusak otak dari waktu ke waktu. Setiap hari, kita dianjurkan untuk selalu konsumsi 84 ons air per harinya. Dan selalu ingat, bahwa air putih itu masih yang terbaik, hindarkan dari pemanis buatan yang mengandung gula berlebih, kafein, gula atau alkohol. Selain air putih, alternatif lain cairan yang bagus digunakan adalah teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung bahan kimia yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan merelaksasi otak.

2. Diet Kalori Terbatas

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet kalori terbatas sangat membantu otak untuk hidup lebih panjang. Dan diet ini akan membantu Anda hidup lebih panjang juga. Hal ini dikarenakan, diet kolesterol bisa mengontrol berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan stroke dari obesitas. Jika penyakit itu bisa dihindari, maka akan membuat produksi faktor pertumbuhan saraf meningkat, yang sangat berguna untuk otak. Cara yang tepat diet kalori ini adalah dengan mengkonsumsi omega 3 yang memiliki DHA, yang bisa didapatkan dari ikan laut, seperti tuna, salmon atau sarden. Kita telah membahas pada artikel sebelumnya, bahwa omega 3 merupakan asam lemak yang baik untuk meningkatkan keseimbangan emosional dan suasana hati yang sehat, dan mungkin karena DHA di dalamnya, merupakan komponen utama sinaps otak.

3. Banyak Konsumsi Antioksidan

Beberapa studi yang telah dilakukan, membuktikan bahwa asupan antioksidan dari buah atau sayur dapat mengurangi resiko seseorang mengalami penurunan kognitif. Studi ini dilakukan karena kita tahu bahwa radikal bebas adalah aktor utama yang memicu kerusakan pada otak manusia. Anda harus tahu, bahwa radikal bebas mengakibatkan kerusakan pada sel tubuh Anda, dan menyebabkan sel menjadi mati, dan ototmatis merusak jaringan. Proses ini disebut sebagai stres oksidatif. Cara terbaik untuk menjaga agar jaringan otak tetap sehat dan terhindar dari radikal bebas adalah konsumsi vitamin E dan Vitamin C, serta beta karoten, karena bahan-bahan inilah yang kaya akan kandungan antioksidan, yang bisa menghambat produksi radikal bebas dalam tubuh.

Buah atau sayuran terbaik yang bisa Anda konsumsi dan mengandung antioksidan adalah: Blueberry, Blackberry, Stroberi, Bayam, kubis, Plum, Brokoli, Bit, Alpukat, Jeruk, anggur Merah, paprika Merah, Ceri dan Kiwi.

Itulah beberapa nutrisi sederhana yang baik untuk kesehatan otak Anda. Sangat mudah dan murah. Namun, selalu konsumsi nutrisi lain yang bisa membuat otak menjadi lebih sehat, misal protein atau mineral. Selain itu, hindari stres atau depresi yang dapat membuat otak tidak sehat.




loading...

Artikel terkait Beberapa Nutrisi Sederhana Yang Baik Untuk Otak

asupan terbaik untuk kesehatan otak.