Home » Wanita » Beberapa Manfaat Kontrasepsi Oral

Beberapa Manfaat Kontrasepsi Oral



kontrasepsi oralSebagian orang mungkin tidak tahu manfaat kontrasepsi oral selain mencegah kehamilan. Kontrasepsi jenis ini, dapat juga bermanfaat bagi kesehatan wanita. Kontrasepsi oral mengandung estrogen sintesis, serta mengandung protein. Nah, untuk mengetahui manfaat menggunakan kontrasepsi oral, berikut adalah penjelasannya.

Menurut American Academy of Family Physicians, inilah manfaat kontrasepsi oral selengkapnya:

1. Tidak Menimbulkan Jerawat

Jerawat bisa diakibatkan oleh tingkat androgen yang berlebihan, dan kontrasepsi oral tidak akan menambah tingkat andrigen, malahan akan mengurangi jumlah androgen yang tersedia.

2. Tidak Mengakibatkan Nyeri Payudara

Kontrasepsi jenis ini juga tidak menimbulkan nyeri payudara, malah menurut suatu penelitian alat kontrasepsi ini dapat mengobati nyeri payudara siklik, yaitu nyeri payudara yang biasanya terjadi dalam siklus menstruasi.

3. Dapat Membantu Menyembuhkan Endometriosis

Kontrasepsi oral kombinasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengobati endometriosis. Sayangnya, ada efek samping dari penggunaan kontrasepsi ini – seperti perdarahan yang tidak teratur, retensi cairan, dan depresi – telah membuat pilihan ini tak tertahankan bagi banyak wanita.

4. Dapat Mencegah Fungsional Kista ovarium

Gangguan ini merupakan salah satu jenis paling umum dari kista indung telur dan biasanya larut dalam dua siklus menstruasi tanpa pengobatan. Jika Anda memakai kontrasepsi oral, cara ini dapat membantu Anda untuk mencegah jenis kista ovarium dengan cara mencegah ovulasi.

5. Dapat Menstabilkan Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan penyebab yang paling umum dari pertumbuhan rambut berlebihan pada wanita. Nah, jika memakai kontrasepsi oral, hal ini dapat meningkatkan serta menstabilkan kasus yang diakibatkan PCOS hingga 50%.

6. Dapat Menghilangkan Nyeri Ovulasi

Jika menggunakan kontrasepsi oral, alat ini akan dapat memblokir lonjakan hormon yang terjadi sebelum ovulasi, dan sering efektif untuk menghilangkan nyeri ovulasi.

7. Dapat Mengobati tumor fibroid rahim

Menurut National Library of Medicine, seseorang yang menggunakan kontrasepsi oral dapat digunakan menjadi obat yang efektif untuk tumor fibroid rahim.

8. Mencegah Kehamilan ektopik

Menurut sebuah Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kontrasepsi oral dapat mencegah kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik itu dapat terjadi bila telur dibuahi gagal untuk menanamkan dirinya dalam rahim, paling sering tersisa di saluran tuba. Namun, hal ini masih menjadi kontroversi.

Itulah beberapa keuntungan dari kontrasepsi oral yang dapat Anda ketahui. Namun, harus selalu konsultasi dengan ahli medis tentang penggunaan alat kontrasepsi ini. Hal ini dikarenakan pemakaian kontrasepsi oral, ada efeknya juga. Serta, kontrasepsi oral, tidak semua orang cocok untuk menggunaknnya. Untuk beberapa orang yang menggunakannya, mungkin bisa mendapati efek samping yang lebih buruk dari gejala yang biasa terjadi saat pemakaian. Ada banyak kontroversi dari banyak pendapat medis tentang penggunaan alat ini, dan cara amannya adalah dengan konsultasi medis.

 




loading...

Artikel terkait Beberapa Manfaat Kontrasepsi Oral

fungsi kontasepsi oral. kenapa tumor ovarium harus menggunakan kontrasepsi oral.