Home » Penyakit dan Terapi » Beberapa Macam Obat Flu

Beberapa Macam Obat Flu



obat fluFlu atau pilek, merupakan penyakit yang umum, yang banyak menyerang masyarakat di sekitar kita. Banyak ditemukan berbagai macam obat untuk penyembuhannya. Berikut ini, akan dijelaskan beberapa jenis obat yang digunakan untuk penyembuhan flu, namun fokus pada obat yang hanya menyembuhkan satu gejala saja. Obat-obat yang akan ditampilkan ini, merupakan pilihan yang sangat baik, ketika obat yang bisa mengatasi lebih dari satu gejala flu dan pilek atau obat multi, tidak dapat bekerja dengan baik. Nah, sekarang inilah obat-obat yang terbaik untuk mengatasi gejala flu dan pilek tunggal

1. Dekongestan

Jenis pertama adalah Dekongestan. Jenis dari obat flu ini ada 2, yaitu Sudafed dan Sudafed PE. Kedua obat tersebut mengandung pseudoephedrine untuk Sudafed, dan sedangkan yang fenilefrin untuk Sudafed PE. Keduanya, berfungsi untuk melancarkan kemacetan ingus di dalam hidung. Obat-obat tersebut, bisa ditemukan di apotek dalam bentuk generik. Dan sekarang, Undang-undang Federal telah mengharuskan untuk jenis Sudafed, agar dijual di apotek saja, karena bisa dipakai untuk pembuatan metamfetamin. Kedua jenis obat Dekongestan ini, bisa ditemukan di apotek, Anda hanya tinggal menanyakan pada apoteker saja.

2. Antihistamin

Obat selanjutnya adalah Antihistamin. Oabt jenis ini, bisa digunakan untuk penyembuhan pilek, bersin dan gatal di tenggorokan. Selain itu, bisa juga untuk menyembuhkan flu akibat alergi. Jenis dari Antihistamin, ada beberapa macam, yaitu: Benadryl (diphenhydramine), Claritin (loratidine), Zyrtec (ceterizine), dan Allegra (fexofenadine). Khusus untuk Benadryl dan Zyrtec, mempunyai efek samping yang bisa mengakibatkan kantuk, sedangkan Claritin dan Allegra tidak. Mungkin sebaiknya bertanya pada apoteker dahulu sebelum memilih mana yang cocok buat Anda.

3. Ibuprofen

Ibuprofen atau nama pasarannya Advil atau Motrin. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri atau demam. Obat ini juga disebut sebagai obat non-steroid anti inflamasi atau NSAID, yang berbeda dengan jenis Acetaminophen. Efek samping yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi obat ini adalah pendarahan lambung. Jika Anda mempunyai masalah dengan perut, perlu pertimbangan oleh ahli, untuk menggunakan obat ini.

4. Acetaminophen

Acetaminophen, atau kerapa dinamakan Tylenol, merupakan jenis obat flu yang bisa digunakan untuk menyembuhkan demam dan mengurangi nyeri minor. Obat ini, sangat rendah sekali efek sampingnya, jadi bisa digunakan untuk anak-anak, bahkan bayi yang berumur 2 bulan. Namun, dalam penggunannya, jangan sampai terus menerus, karena bisa mengakibatkan kerusakan pada hati. Pastikan seperlunya saja untuk menggunaknnya. Selalu konsultasi pada ahlinya untuk pemakaiannya.

5. Aspirin

Aspirin, merupakan jenis obat yang sangat familiar di telinga kita. Obat jenis ini berfungsi untuk membantu meredam demam biasa. Namun perlu diperhatikan jika Anda memiliki penyakit kronis dalam tubuh. konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Penggunannya, juga sebaiknya tidak untuk anak kecil, kecuali atas saran dokter, karena bisa mengakibatkan sindrom Reye pada anak.

 




loading...

Artikel terkait Beberapa Macam Obat Flu

nama obat flu yang paten. obat flu generik. daftar obat flu. obat flu generik yang bagus. jenis obat flu. nama obat flu. daftar obat flu generik.