Home » Makanan dan Minuman » Tips Sehat » Beberapa Khasiat Madu

Beberapa Khasiat Madu



Khasiat madu sampai sekarang masih menjadi misteri. Pemanfaatan madu untuk kesehatan tidak hanya dilakukan oleh orang timur saja, namun orang barat juga banyak yang memanfaatkan madu dalam kesehatan.

Pengakuan para ilmuwan bahwa, madu dapat dijadikan obat yang efektif bagi segala macam jenis penyakit. Walaupun pada kenyataannya para ilmuwan masih menyimpan beberapa tanda tanya terkait dengan apa yang sebenarnya menjadi kekuatan paling utama dari madu.

Pastinya, madu bisa dimanfaatkan sebagai obat dengan tidak menimbulkan efek samping. Para ilmuwan modern berpendapat, dengan rasanya yang manis tapi madu sangat aman untuk mereka yang terkena diabetes jika pemberian masih dalam ukuran yang tepat.

Madu mempunyai beberapa khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, walaupun madu mempunyai kadar gula yang cukup tinggi.penelitian terbaru menjelaskan bahwa madu mampu meredakan batuk yang dialami balita ketika malam hari. Disamping dapat meredakan batuk dan menjadikan tidur menjadi lebih tenang, ternyata madu juga mempunyai beberapa khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengurangi gatal

Rasa gatal serta iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dapat diatasi dengan kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam madu.

2. Antibiotik oles

Madu membantu menyembuhkan penyakit yang ada di kulit, contohnya tergores, luka bakar, bekas jahitan pada operasi, caranya oleskan madu pada bagian kulit yang terluka. Madu memiliki kandungan hidrogen perioksida , ini adalah kandungan alami yang diproduksi oleh enzim lebah. Cara kerja dari enzim ini hampir sama dengan antibiotika alami yang mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan.

3. Meredakan gangguan pencernaan

Publikasi yang dilakukan BMC Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2006 menyimpulka bahwa, peningkatan mikroflora di dalam usus akan terjadi jika di dalam makanan terjadi proses penggantian gula dengan madu. Namun hasil penelitian ini baru diterapkan pada tikus.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun)

Madu diperkaya dengan kandungan polifenol, ini adalah jenis antioksidan yang berguna melindungi sel yang diakibatkan kerusakan karena radikal bebas. Akibat radikal bebas dapat memicu penyakit jantung dan kanker.

5. Mengobati jerawat

Madu dengan jenis manuka serta kanuka disinyalir sangat efektif untuk mengobati jerawat vulgaris. Penyebab dari gangguan kulit ini dikarenakan adanya inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous pada punggung, wajah, dan juga dada.

Madu dibedakan ke dalam dua macam yakni madu dengan warna putih dan hitam. Untuk pengobatan, madu hitam mempunyai khasiat yang sangat tinggi, dikarenakan madu ini mempunyai kandungan gula dan zat besi yang sangat tinggi.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam madu:

– Vitamin C bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, kerusakan pada tulang persendian dan gigi.

– Vitamin B Complex dan vitamin K, yang bermanfaat untuk menghambat pendarahan.

– Terdapat kandungan gula yang berasal dari buah-buahan yang bisa dimanfaatkan penderita kencing manis, namun pemberiannya pun harus disesuaikan dengan dosis sedang. Minumlah dengan tidak berlebihan atau gunakan sebagai pemanis pada minuman dan makanan.




loading...

Artikel terkait Beberapa Khasiat Madu