Home » Makanan dan Minuman » Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Konsumsi Jamur

Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Konsumsi Jamur



manfaat jamurJamur merupakan makanan yang umum ditemui pada sup atau makanan ringan, yang biasanya dibuat krispi. Sayuran ini tumbuh alami di pohon atau tanaman yang sudah busuk. Jamur ini selain tumbuh pada pohon yang sudah membusuk, juga bisa tumbuh dengan dibudidayakan. Jenis jamur memang banyak, dan tidak semua jamur bisa dimakan. Ada jamur yang harus dihindari, karena bersifat racun. Jamur yang bisa dimakan contohnya: jamur shitake, kancing, tiram dan merang. Untuk jamur yang bisa dimakan ini, mereka mempunyai banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda ambil.

Sebelum mengetahui manfaat kesehatan dari makan jamur, Anda harus mengetahui dulu kandungan nutrisi dari jamur ini. Nah, misal untuk 5 buah jamur, mengandung nutrisi sebagai berikut:

– 1 gram protein

– 0.1 gram lemak

– 2.7 gram karbohidrat

– 0.5 gram serat

– 16 kalori

Jamur tidak mengandung garam dan kaya serat, jadi sangat cocok untuk hampir semua orang, termasuk penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Baca juga :   Makanan Dan Minuman Pemicu Migrain

Tanaman ini juga kaya akan kandungan vitamin seperti tiamin, niasin, piridoksin, dan biotin. Selain itu, juga kaya mineral seperti kalium, fosfor, selenium dan zat besi. Kita tahu bahwa selenium bagus untuk mencegah kanker prostat, dan kalium baik untuk menurunkan tekanan dalam darah.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat jamur. Seperti yang ditunjukkan dibawah ini:

– Universitas Middlesex Inggris, membuktikan bahwa jamur dapat menurunkan tingkat kelelahan akibat virus. Hal ini dikarenakan jamur mempunyai  sifat sebagai anti virus.

– Universitas Penn State Amerika, membuktikan bahwa jamur jenis portobello kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit seperti kanker atau penyakit Alzheimer.

– Universitas of Illinois Amerika, membuktikan bahwa jamur seperti portobello, maitake, dan shiitake, mengandung banyak serat, yaitu kitin dan beta-glukan. Kitin ini berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol, sedangkan beta-glukan sangat baik untuk menjaga jantung.

– National University of Singapore, membuktikan bahwa jamur jenis shitake mengandung senyawa karbohidrat kompleks dan zat lentinan yang dapat mencegah virus dan kanker..

Baca juga :   Luar Biasanya Brokoli Bisa Cegah Kanker

Makan jamur memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tidak semua orang bisa memakannya. Orang dengan penyakit ginjal misalnya, tidak boleh mengkonsumsinya karena jamur kaya kalium. Serta, yang menderita asam urat juga sebaiknya tidak mengkonsumsinya, karena jamur mengandung purin, yang jika berlebihan mengakibatkan asam urat.

Manfaat jamur memang sangat baik untuk kesehatan, tapi juga harus menilik hal â?? hal yang berkaitan dengan jamur juga. Jamur bisa dibuat beraneka ragam makanan tergantung selera Anda. Tapi, sebaiknya ditambah dengan beberapa asupan lain yang kaya akan nutrisi juga.

 




loading...

Artikel terkait Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Konsumsi Jamur

efek samping jamur tiram. bahaya jamur tiram. efek samping jamur kuping. efek samping jamur tiram putih. bahaya jamur sawit. bahaya jamur tiram putih. efek samping jamur hitam putih.