Home » Penyakit dan Terapi » Beberapa Daftar Penyakit Kelamin

Beberapa Daftar Penyakit Kelamin



Penyakit kelamin adalah penyakit yang mengacu pada penyakit menular yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Secara umum jenis penyakit ini dapat menyebabkan luka ataupun borok pada alat pembuangan, dan alat kelamin. Kabar baiknya penyakit kelamin masih dapat diobati.

Gonorea

Gonorea merupakan salah satu penyakit yang mempunyai ciri-ciri rasa nyeri terbakar ketika buang air kecil, testis bengkak, sakit tenggorokan, dan sakit pada pembuangan. Pada beberapa kasus, penyakit gonorea menyebabkan terjadinya peningkatan frekuensi kencing, keputihan, demam, dan rasa nyeri pada perut bagian bawah. Untuk sakit perut biasanya terjadi pada wanita.

Gonorea dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan monogamy dan memakai kondom ketika melakukan aktivitas seksual. Pengobatan gonorea dapat dilakukan dengan memberikan suntikan 125 mg ceftriaxone atau dengan dosis tunggal 400 mg cefixime. Untuk seseorang dengan alergi ceftriaxone atau sefiksim dapat diberikan azitromisin.

Sifilis

Sifilis banyak dikenal juga dengan istilah penyakit Lues atau Cupid, ini adalah penyakit kelamin dengan penyebaran bakteri melalui selaput lendir dan kulit rusak. Menurut The University of Maryland Medical Center, bahwa sifilis mempunyai tiga tahapan. Tahapan pertama dengan melibatkan pengembangan sakit tapi tanpa ada rasa sakit (chancre) ini bisa saja terjadi pada leher rahim, rectum dan wilayah lain pada organ seksual. Luka yang terjadi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu empat hingga enam minggu.

Baca juga :   Kendalikan Darah Tinggi Tanpa Obat

Tahapan kedua yakni sifilis sekunder dengan gejala spesifiknya munculnya ruam kulit di telapak tangan atau pada telapak kaki. Biasanya pada akan terdapat lesi pada kulit. Pada beberapa kasus terjadi bercak pada lipatan kulit serta organ seksual. Tahapan ketiganya adalah sifilis tersier yang biasanya akan mengarah pada jantung atau sistem saraf pusat pada otak atau sumsum tulang belakang. Pengobatan sifilis dapat dilakukan dengan antibiotika seperti G benzatin, penisilin, doxycycline, atau tetrasiklin.

Chlamydia

Menurut MedlinePlus, penyakit chlamydia adalah salah satu penyakit kelamin menular yang paling umum terjadi di Amerika Serikat. Gejala yang terjadi rasa terbakar ketika buang air kecil, rasa sakit atau terbakar pada mr P atau dubur dan nyeri pada testis. Gejala lainnya seperti rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual, dubur, alat kelamin, dan keputihan. Penyebab yang paling utama dari chlamydia adalah bakteri chlamydia trachomatis. Pengobatan chlamydia dapat dilakukan dengan antibiotic seperti tetrasiklin, azitromisin dan eritromisin.




loading...

Artikel terkait Beberapa Daftar Penyakit Kelamin

doxycycline untuk keputihan. dosis doxicyclin untuk keputihan.