Bahaya Merokok dan Cara Berhenti Merokok



Bahaya Merokok

Apabila Anda berhenti merokok sekarang berarti Anda akan menjalani hidup lebih bahagia dan sehat. Tentunya Anda sudah mengetahui kalau bahaya merokok tidak hanya buat diri sendiri saja tetapi semua orang yang ada di sekitar Anda akan terkena dampak negatif dari rokok. Secara pelan namun pasti efek dari rokok akan Anda rasakan.

Anda patut mengetahui beberapa  hal tentang bahaya merokok. Jika Anda perokok maka tingkat kecenderungan untuk terkena masuk angin dan flu akan meningkat. Adanya riset menunjukan bahwa, seeorang yang merokok aktif sangat rentan mengalami bronchitis, flu dan masuk angin. Dan tanpa sadar penyakit ini dapat Anda tularkan pada orang lain. Melalui asap rokok yang Anda keluarkan, inveksi virusnya dapat menular.

Akibat buruk lainnya yaitu merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, meningkatkan kolesterol dan stroke. Yang akan terpengaruh secara langsung adalah jantung karena pembuluh darah membangun jaringan lemak lebih cepat disekitarnya. Sehingga arteri tidak akan bisa secara cepat untuk memompa darah yang dapat mendukung kebutuhan alami jantung. Akibat yang akan terjadi yaitu pembuluh darah menjadi rusak, terjadi pembekuan darah, dan yang paling menakutkan akan terjadi penyumbatan yang bisa berakhir dengan stroke bahkan kematian.

Apabila Anda perokok aktif, Anda jangan mempunyai anggapan bahwa Anda saja yang akan terkena risiko penyakit, tetapi orang lain yang menghirup asap rokok Anda juga akan berpeluang besar mempunyai penyakit yang mematikan. Karena kandungan dari asap rokok yaitu karbon monoksida dan tar yang akan menjadi racun dalam tubuh mereka.

Rokok juga dapat berdampak pada kesehatan bayi atau balita Anda. Apabila selama hamil Anda merokok, maka dapat mengakibatkan gangguan dan kelainan pada janin. Penemuan para ahli yaitu ibu yang pada saat hamil merokok maka bayinya akan lahir dengan saluran udara yang lebih kecil. Setelah lahir akan membuat bayi mereka lebih rentan terhadap masalah pernapasan. Adanya masalah-masalah pernapasan tadi dapat menempatkan bayi mempunyai risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak.

Baca juga :   Apa Itu Pilates dan Bagaimana cara Kerjanya?

Saat kehamilan bahaya rokok sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan pada bayi. Risiko yang dapat terjadi apabila pada saat hamil merokok adalah keguguran atau bayi prematur, dan bayi lahir mati. Bahaya merokok pada saat hamil bisa menyebabkan jumlah oksigen yang tersedia untuk ibu dan bayi yang dikandung akan menurun. Akibatnya terjadi peningkatan denyut jantung bayi yang akan berisiko meningkatkan kelahiran prematur dan kematian.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahaya merokok. Dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang setiap harinya menghisap rokok mempunyai risiko terkena kanker laring, kerongkongan, paru-paru, sakit jantung, gangguan kehamilan, dan gangguan pembuluh darah yang lebih besar. Adanya riset menunjukan bahwa, orang yang merokok tiap hari 3 sampai 4 batang mempunyai risiko delapan kali lebih besar terkena kanker mulut jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Hasil terbaru dari riset menunjukan bahwa dalam perkembangannya merokok dapat menyebabkan kanker pankreas.

Setiap tahun semakin meningkat jumlah frekuensi penderita penyakit kronis akibat rokok. Walaupun sudah banyak riset dan bukti otentik yang menyebutkan akan bahaya rokok yang dapat merusak kesehatan, tetapi tetap saja pengguna rokok tetap banyak. Hal ini dikarenakan rokok memunculkan rasa yang bisa membuat kecanduan. Kandungan zat nikotin yang terdapat dalam rokok yang dapat menimbulkan efek santai dan zat ini pula yang menyebabkan kebiasaan merokok sulit dihilangkan.

Sudah sangat jelas dan nyata bahaya merokok bagi kesehatan, ayo kita belajar berhenti merokok dari sekarang. Untuk meniggalkan keinginan merokok pasti ada alternatif lain yang dapat dilakukan. Ingat kesehatan itu mahal harganya. Mulai dari sekarang sebelum terlambat.

Baca juga :   Dukunglah Mereka Yang Ingin Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Ada beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok:

– Tahapan pertama, tahapan ini adalah tahapan terpenting yaitu niat besar dan sungguh-sungguh akan berhenti merokok.

– Tahap kedua, Anda dapat menemukan sendiri cara terbaik dan termudah untuk berhenti merokok, karena setiap individu mempunyai karakter dan pemikiran yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengisi kegiatan yang lebih sehat seperti olahraga atau berkebun. Atau mungkin Anda mempunyai suatu hobi yang bisa mengalihkan perhatian terhadap kebiasaan merokok.

– Tahap ketiga, secara bertahap atau sedikit demi sedikit Anda kurangi jumlah rokok yang dikonsumsi. Jangan pernah memaksakan diri berhenti merokok dalam waktu semalaman, karena biasanya keesokan harinya akan muncul keinginan merokok yang sangat besar. Kegiatan ini mungkin akan menyebabkan Anda stres, mudah marah dan merasa depresi. Tetapi apabila Anda melakukan hal ini secara rutin dan disiplin maka lama-kelamaan akan terbiasa.

– Tahap  keempat, keputusan Anda untuk berhenti merokok perlu Anda informasikan kepada teman-teman dan keluarga. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena seseorang yang mempunyai keinginan atau niat yang kuat untuk berhenti merokok memerlukan suatu dorongan atau motivasi dari orang-orang yang ada disekitarnya. Apabila Anda mulai tidak disiplin, mereka bisa membantu mengawasi dan mengingatkan.

– Tahap kelima, carilah sesuatu makanan atau benda yang dapat menggantikan kegiatan merokok Anda. Contohnya Anda dapat menggunakan rokok elektrik atau mengkonsumsi permen karet.

Intinya adalah sumber yang paling efektif untuk berhenti merokok adalah diri Anda sendiri. Tumbuhkanlah niat dan keinginan yang besar dalam diri Anda. Jika Anda menginginkan hasil yang positif, maka usaha juga harus positif dan tetap disiplin. Berhentilah merokok hari ini dan mulailah hidup sehat.





loading...