Home » Info Kesehatan » Bahaya Kelebihan Dosis Parasetamol

Bahaya Kelebihan Dosis Parasetamol



Adanya penelitian telah mengindikasikan bahwa, penggunaan parasetamol di dunia ini mencapai jutaan orang yang menggunakan dengan kadar dosis berlebih. Obat parasetamol sangat popular sekarang ini, karena dapat dimanfaatkan sebagai pereda sakit. Penggunaan dengan dosis yang tidak sesuai dapat menyebabkan risiko overdosis, bahkan organ hati dapat mengalami kerusakan.

Para ilmuwan dari Northwestern University di Chicago US, melakukan kajian yang mengatakan, jumah dari orang dewasa yang melakukan kesalahan dalam mengkonsumsi parasetamol sekitar 25% orang dewasa. Dokter biasanya sudah merekomendasikan dosis pemakaian obat ini, namun banyak pasien yang menggunakannya melebihi dari dosis yang dianjurkan dokter dalam waktu 1×24 jam.

Kebanyakan dari pasien sering menghiraukan anjuran dosis dan tata cara pemakaian, terlebih untuk mereka yang telah berumur lanjut sering sekali tidak ingat berapa jumlah tablet yang telah dikonsumsi. Ada juga pasien yang tidak sadar bahwa dirinya sedang dalam proses perawatan dengan menggunakan obat-obatan yang mempunyai kandungan acetaminophen yaitu bahan aktif pada parasetamol.

Anjuran dosis maksimal dari dokter untuk penggunaan parasetamol dalam sehari adalah 8 tablet 500mg. Dalam sekali minum maksimal 2 tablet saja dan dilakukan setiap 4 jam. Jika penggunaan yang dilakukan melebihi dari dosis yang ditentukan, konsekuensi yang akan diterima yaitu rusaknya liver akibat dari overdosis dan cairan di otak mengalami penumpukan yang dapat berakibat fatal.

Riset tersebut sudah dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine, dalam riset tersebut Dr Michael Wolf melakukan studi yang terkait dengan prevalensi kesalahan dalam menggunakan acetaminophen serta dimungkinkan terjadinya overdosis. Pasien dewasa yang telah diwawancarai Wolf ada 500 pasien lebih yang melakukan pengobatan ke klinik di berbagai kota yang ada di AS dalam rentang waktu September 2009 sampai Maret 2011.

Para peneliti melakukan pengujian terhadap tingkat pemahaman pasien terkait dengan dosis serta kemampuan penggunaan obat acetaminophen dengan tepat. Ternyata para peneliti sangat terkejut dengan hasil yang didapat. Ada lebih dari seperempat jumlah pasien yang mempunyai risiko overdosis akibat dari konsumsi parasetamol yang melebihi batas yang dianjurkan, untuk batas maksimalnya adalah 4 gram untuk 24 jam. Namun ada juga 5% pasien yang melakukan kesalahan fatal karena meminum obat dengan kadar lebih dari 6gr dalam waktu 24 jam. Sedangkan jumlah pasien yang mempunyai risiko overdosis akibat melakukan kesalahan double dipping atau meminum dua macam obat yang mempunyai kandungan acetaminophen.

Menurut Wolf, â??Temuan kami mengindikasikan banyak konsumen yang tidak mengenal atau membedakan bahan aktif dalam obat pereda sakit yang dijual bebas, mereka juga tidak menyimak dengan cermat instruksi pada label kemasan obat.â?

â??Dengan adanya prevalensi, risiko signifikan dari efek buruk, dan minimnya pemahaman, seorang dokter seharusnya memberi panduan  dalam pengambilan keputusan dan menganjurkan pasien tentang penggunaan obat yang tepat,â? ujar Wolf.




loading...

Artikel terkait Bahaya Kelebihan Dosis Parasetamol

overdosis obat paracetamol. akibat minum paracetamol berlebihan. gejala overdosis parasetamol. dampak kelebihan dosis obat. Akibat operdosis. overdosis paracetamol 500 mg. apa akibtnya jika terlalu bnyk minum obt parasetamol.