Home » Penyakit dan Terapi » Bahan Alami untuk Membantu Penyembuhan Wasir

Bahan Alami untuk Membantu Penyembuhan Wasir



Lidah Buaya untuk wasirPengobatan herbal untuk penyembuhan wasir masih menjadi favorit sebagian dari kita. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya alangkah baiknya jika selain menggunakan bahan alami untuk pengobatan wasir juga berkonsultasi pada tenaga kesehatan profesional sebelum wasir menganggu kenyamanan dalam menjalanankan kegiatan sehari-hari.

Meskipun kelihatannya sepele tetapi kalau dibiarkan, wasir cukup membuat kita kehilangan konsentrasi terutama pada saat lama duduk atau terlalu lama berdiri. Rasa sakit, panas dan gatal karena peradangan sering membuat kita tampak gelisah. Di tahap lanjut wasir atau ambeien bisa menimbulkan perdarahan pada anus.

Selain perubahan gaya hidup, bahan alami juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala yang timbul bahkan bisa menyembuhkannya jika dilakukan dengan benar dan teratur. Herbal yang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan wasir diantaranya:

1. Lidah buaya (Aloe Vera)

Tanaman asli asal afrika ini cukup ampuh sebagai pengobatan alami ambeien atau wasir. Untuk pengobatan luar, patahkan satu daun lidah buaya dan oleskan pada tonjolan wasir. Selain sebagai obat luar bisa juga dengan dari dalam yakni daging lidah buaya  dapat diolah menjadi makanan atau minuman kesehatan yang lezat. mengkonsumsinya secara teratur mampu meringankan gejala hemoroid/wasir.

Baca juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Katarak Secara Alami

Sebagai obat luar maupun dengan cara dikonsumsi, Aloe vera sangat aman bahkan sudah ada gel lidah buaya topikal yang diproduksi secara komersial. Namun ada sedikit orang yang alergi pada aloe vera, oleskan sedikit pada kulit apabila tidak terjadi gatal kemerahan berarti bisa digunakan untuk pengobatan.

2. Bawang putih

Ada dua jenis wasir yakni yang ada di dalam dan yang ada diluar. Untuk mengobati wasir yang ada di dalam menggunakan bawang putih, masukan bawang putih kecil kedalam dubur sebelum beranjak tidur. Sedangkan untuk wasir yang berada diluar, tumbuk bawang putih lalu oleskan pada wasir.

3. Madu dan Cuka Apel

Cuka apel memiliki kemampuan untuk mengecilkan pembuluh darah yang bengkak. Sedangkan madu sudah terkenal dalam membantu mempercepat penyembuhan luka dan sebagai agen anti-inflamasi. Kombinasi keduanya dapat dipakai sebagai obat alami untuk wasir. Caranya campur sedikit madu dengan setetes cuka apel lalu balurkan pada wasir yang sudah dibersihkan.

4. Plantago Ovata

Masalah penyebab utama wasir adalah kurangnya asupan serat yang dikonsumsi. Plantago ovata adalah salah satu sumber serat larut seperti gelatin didalam sistem pencernaan. Tumbuhan yang banyak tumbuh di India ini sudah dijual dalam kemasan sebagai penambah serat. Plantago ovata dapat menyebabkan perlambatan dalam penyerapan obat jadi jangan diminum bersama dengan obat dan harus dicampur air terlebih dahulu.

Baca juga :   Hal Kecil Yang Memperbaiki Kolesterol

Sebagai tambahan, minumlah banyak air setiap hari minimal 8 gelas setiap hari, makan makanan yang banyak mengandung serat dan kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi. Ketiga cara tersebut untuk membantu melunakan feses sehingga perkembangan wasir tidak berlanjut.




loading...

Artikel terkait Bahan Alami untuk Membantu Penyembuhan Wasir

bekicot untuk obat ambeien. cara menyembuhkan wasir dengan bekicot. cara meramu bekicot untuk ambeien. cuka apel mengobati wasir atau ambeyen??.